Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info

Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
| suku 123
dari 128 suku

SUKU MAKIAN BARAT

Rumpun : Maluku
Wilayah : Maluku
Jumlah Penduduk : 30.000
Kristen yang diketahui : 0
Persentase Kristen : 0%
Alkitab : Belum

Suku Makian merupakan penduduk asli di daerah Kabupaten Maluku Utara. Propinsi Maluku. Pusat penyebaran berada di belahan barat Pulau Makian, Pulau Kayoa dan juga di Malifut, sebuah lokasi transmigrasi dekat Kao serta disepanjang pantai barat Halmahera. Pulau orang Makian mempunyai bahasa sendiri, yaitu bahasa Makian. Bahasa Makian Barat disebut bahasa Jitinee. Orang makian mengenal pranata gotong royong yang disebut Makayoklo. Kegiatan tersebut menyangkut pekerjaan merombak hutan, membersihkan lahan pertanian, membuat rumah, kegiatan pesta perkawinan, upacara kematian, dll. Orang Makian membutuhkan peningkatan ketrampilan dalam teknik pertanian sehingga produksi pertanian memberikan hasil yang lebih baik.

  1. Mohon kepada Tuhan Yesus supaya pintu pelayanan kepada suku ini terbuka. Bawalah mereka dalam doa Anda, karena pasti Tuhan mendengar dan menjawab.
  2. Doakan supaya Allah mengutus pekerja datang dan melayani kebutuhan suku ini. Biarlah mereka menikmati kemerdekaan dalam Tuhan Yesus.
  3. Mintalah kepada Tuhan supaya Ia terus memakai gereja dan lembaga pelayanan yang lain supaya segera menjawab tantangan tenaga kepada suku ini. Doakan tenaga penerjemah yang sedang melayani di sana.
  4. Doakan kebutuhan dan fasilitas para peneliti dan penginjil yang bermaksud pergi kepada orang Makian Luar.
  5. Doakan pemerintah setempat dapat memikirkan strategi yang tepat serta dapat memenuhi kebutuhan orang Makian Barat sehingga terjadi peningkatan taraf hidup.


|




 Ke atas 
© 2003 YLSA