Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info

Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
| suku 124
dari 128 suku

SUKU MAKIAN TIMUR

Rumpun : Maluku
Wilayah : Maluku
Jumlah Penduduk : 20.000
Kristen yang diketahui : 0
Persentase Kristen : 0%
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Suku makian merupakan penduduk asli di daerah Kabupaten Maluku Utara, Propinsi Maluku. Pusat penyebaran berada di Pulau Makian, Kayoa, Mori, Bacan, Obi, dan juga di Malifut, sebuah lokasi transmigrasi dekat Kao serta disepanjang pesisir barat daya Halmahera. Pulau orang Makian mempunyai bahasa sendiri, yaitu bahasa Makian. Bahasa Makian Timur disebut bahasa Tabayama. Orang Makian umumnya hidup sebagai petani, mereka juga mencari ikan sebagai pemenuhan kebutuhan lain. Kebutuhan orang Makian Timur adalah kelancaran transportasi, karena sulitnya mendapatkan barang kebutuhan serta bantuan medis serta obat-obatan karena untuk mendapatkannya seringkali harus menempuh perjalanan yang jauh serta biaya yang besar, dan seringkali terlambat mendapatkannya.

  1. Doakan supaya orang Makian Dalam bebas dari tawanan iblis. Doakan kemerdekaan sejati dialami oleh suku ini. Tanpa kemerdekaan mereka tak dapat memiliki Kerajaan Tuhan.
  2. Mohonlah kepada Bapa yang empunya tuaian supaya mengutus pekerja ke sana. Mereka dapat hidup dan tinggal di antara orang Makian dan membangun hubungan yang baik.
  3. Doakan Gereja Protestan Maluku dan Sekolah Tinggi Teologia Ambon supaya melihat ladang ini dan bertindak untuk melayani. Doakan para pendeta supaya memiliki teladan yang baik dan menjadi saksi yang hidup bagi orang lain. Doakan juga tenaga lapangan dan lembaga-lembaga rohani yang bekerja di sana supaya hikmat Allah menyertai mereka.
  4. Berdoalah untuk gereja-gereja yang akan/telah mengadopsi suku ini, supaya semakin memperdulikan dan dapat bermitra dengan anggota tubuh Kristus lainnya.
  5. Berdoa agar pemerintah dapat memenuhi kebutuhan dari orang Makian Timur dan menjalankan dengan pimpinan Tuhan saja.


|




 Ke atas 
© 2003 YLSA