Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Konselor

Dalam proses konseling seringkali konselor melakukan kesalahan- kesalahan yang dapat menyebabkan konseling tidak berjalan lancar. Lima kesalahan yang perlu dihindari oleh konselor selama proses konseling berlangsung antara lain:

  1. Dalam menetapkan tujuan hubungan pembimbingan janganlah terlalu bersikap dominan. Demi membangkitkan motivasi, rasa memiliki, dan fokus yang tepat, ajaklah orang yang Anda bimbing untuk bersama- sama menetapkan sasaran pembimbingan.
  2. Jangan terlalu cepat memberikan tugas-tugas yang banyak. Biarkan orang yang dibimbing mengatur langkahnya.
  3. Hati-hatilah terhadap kemunduran di tengah jalan. Hubungan pembimbingan cenderung kehilangan semangat mula-mulanya di tengah perjalanan. Pastikan bahwa orang yang dibimbing membuat kemajuan, dan seringlah adakan kontak.
  4. Adakan penilaian dan seleksilah secara hati-hati orang yang akan Anda bimbing. Periksa motivasinya, sikap cepat tanggapnya dan apakah waktunya tepat.
  5. Hati-hatilah terhadap "penyelesaian yang lemah" dan pertanggungjawaban yang buruk. Hendaknya Anda penuh perhatian kepada orang yang Anda bimbing selama pembimbingan itu dan akhirilah hubungan dengan baik.

Sumber
Halaman: 
193 - 194
Judul Artikel: 
Mentor (Anda Perlu Mentor dan Bersedia Menjadi Mentor)
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 1996

Komentar