copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alkitab
Daftar Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
2Ta 9:1-9:12 (FAYH) - Firman Allah Yang Hidup
halaman 1 dari 1Lihat Lagi...
Halaman sebelumnyaHalaman berikutnya
2 Tawarikh 9:1-31
9:1KETIKA ratu Negeri Syeba mendengar tentang hikmat Raja Salomo, ia datang ke Yerusalem untuk menguji Raja Salomo dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Ia datang dengan serombongan besar pengiring, pasukan serta pelayan, dengan banyak unta yang bermuatan rempah-rempah, emas, dan batu permata yang mahal-mahal.
9:2Raja Salomo dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh ratu itu kepadanya. Tidak ada satu pun yang tidak dapat dijawabnya.
9:3Betapa heran dan kagumnya ratu dari Syeba itu melihat segala hikmat Raja Salomo yang begitu besar, istananya yang begitu indah,
9:4makanan yang dihidangkan di atas mejanya, tata krama para pegawai serta pelayannya dengan pakaian mereka, para juru minumannya dengan pakaian mereka, dan banyaknya kurban bakaran yang dipersembahkan di rumah TUHAN.
9:5Akhirnya ratu itu berkata kepada Raja Salomo, "Apa yang kudengar di negeriku tentang engkau dan hikmatmu ternyata benar semuanya!
9:6Sebelum aku menyaksikan dengan mataku sendiri aku tidak mau percaya. Tetapi ternyata semuanya benar; hikmatmu bahkan jauh lebih besar daripada yang pernah kudengar.
9:7Berbahagialah orang-orangmu ini, karena mereka melayani engkau dan dapat selalu mendengarkan hikmatmu!
9:8Terpujilah TUHAN, Allahmu! Betapa Ia mengasihi Israel sehingga Ia mengaruniakan kepada mereka seorang raja yang adil dan benar seperti engkau! Ia menghendaki agar mereka menjadi bangsa yang besar dan kuat selama-lamanya."
9:9Lalu ratu itu memberikan hadiah kepada Raja Salomo berupa seratus dua puluh talenta (4.080 kilogram) emas dan banyak sekali rempah-rempah yang bermutu tinggi dan batu-batu permata yang sangat berharga. Sesungguhnya Raja Salomo tidak pernah lagi menerima rempah-rempah seperti yang diberikan oleh ratu Negeri Syeba itu.
9:10Para awak kapal Raja Hiram dan Raja Salomo yang membawa emas dari Ofir, juga membawa kayu cendana dan batu-batu permata yang mahal-mahal.
9:11Raja Salomo menggunakan kayu cendana itu untuk membuat anak tangga bagi Bait Allah dan istananya, juga untuk membuat kecapi dan gambus bagi para penyanyi. Belum pernah ada peralatan musik yang sedemikian indahnya di seluruh Negeri Yehuda itu.
9:12Kemudian Raja Salomo juga membalas pemberian Ratu Syeba dengan hadiah yang jauh lebih besar ditambah dengan segala sesuatu yang diminta ratu itu! Lalu ratu dari Negeri Syeba dan para pengiringnya pulang kembali ke negeri mereka.
9:13Setiap tahun Raja Salomo menerima emas sebanyak 666 talenta (22.644 kilogram), selain pemasukan dari para saudagar dan pedagang. Ia juga menerima emas dan perak dari semua raja di Arab dan para gubernur di negeri itu sebagai upeti tahunan.
9:14(9-13)
9:15Ia menggunakan sebagian dari emasnya untuk membuat dua ratus perisai besar -- masing-masing beratnya enam ratus syikal (6,84 kilogram) --
9:16dan tiga ratus perisai yang lebih kecil -- masing-masing beratnya 300 syikal (3,42 kilogram) emas. Raja Salomo menyimpan perisai-perisai itu di suatu bagian istananya yang disebut Gedung Hutan Libanon.
9:17Ia juga membuat takhta besar dari gading yang dilapisi dengan emas murni.
9:18Takhta itu mempunyai enam anak tangga dari emas dan tumpuan kaki dari emas. Tumpuan lengannya juga terbuat dari emas, dengan dua singa-singaan dari emas pada kedua sisinya.
9:19Juga dibuatkan dua belas singa-singaan yang ditaruh pada sisi anak tangga -- setiap anak tangga diapit oleh dua singa-singaan. Belum pernah ada takhta yang dapat menyamai takhta itu di kerajaan mana pun di dunia ini!
9:20Segala perkakas minuman Raja Salomo terbuat dari emas murni, demikian pula segala benda dalam bangunan yang disebut Gedung Hutan Libanon. Pada masa itu perak dianggap kurang berharga.
9:21Tiga tahun sekali Raja Salomo mengirimkan kapal-kapalnya ke Tarsis dengan mempekerjakan awak kapal yang disediakan oleh Raja Hiram, untuk membawa emas, perak, gading, kera, dan burung merak kepada Raja Salomo.
9:22Demikianlah Raja Salomo menjadi semakin kaya dan hikmatnya melebihi semua raja di seluruh dunia.
9:23Raja-raja dari setiap negeri datang berkunjung kepadanya, dan mendengarkan segala hikmat yang ditaruh Allah di dalam hatinya.
9:24Mereka datang dengan membawa upeti tahunan kepadanya berupa barang-barang perak, barang-barang emas, pakaian, senjata, rempah-rempah, kuda, dan bagal.
9:25Selain itu, Raja Salomo juga memiliki empat ribu kandang untuk semua kuda dan keretanya, serta dua belas ribu orang berkuda yang ditempatkan di kota-kota penyimpanan kereta dan di Yerusalem (untuk melindungi raja).
9:26Ia memerintah atas semua raja dan kerajaan mulai dari Sungai Efrat sampai ke Negeri Filistin bahkan sampai ke perbatasan Mesir.
9:27Raja Salomo mengumpulkan banyak perak di Yerusalem sehingga seperti batu di jalan, dan banyak kayu aras sehingga seperti kayu ara yang tumbuh di daerah bukit.
9:28Banyak kuda didatangkan baginya dari Misraim dan negara-negara lain.
9:29Selanjutnya, riwayat hidup Raja Salomo dari awal sampai akhir dicatat dalam sejarah Nabi Natan dan dalam nubuat Ahia, orang Silo itu, dan juga dalam kitab penglihatan-penglihatan Ido, pelihat itu, tentang Yerobeam putra Nebat.
9:30Empat puluh tahun lamanya Raja Salomo memerintah atas seluruh Israel di Yerusalem.
9:31Setelah meninggal ia dikuburkan bersama nenek moyangnya di Kota Daud. Rehabeam, putranya, menjadi raja baru, menggantikan dia.
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran