copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alkitab
Daftar Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
1Ta 17:1-17:15 (FAYH) - Firman Allah Yang Hidup
halaman 1 dari 1Lihat Lagi...
Halaman sebelumnyaHalaman berikutnya
1 Tawarikh 17:1-27
17:1SETELAH Daud tinggal di istananya yang baru ia berkata kepada Nabi Natan, "Lihatlah! Aku sekarang tinggal dalam rumah dari kayu aras, tetapi tabut perjanjian TUHAN berada di dalam kemah!"
17:2Nabi Natan menjawab, "Laksanakanlah segala niat hatimu, karena Allah akan menyertai engkau."
17:3Tetapi pada malam itu juga Allah berfirman kepada Nabi Natan,
17:4"Pergilah dan sampaikan kepada hamba-Ku Daud bahwa TUHAN berfirman: Bukan engkau yang akan membangun rumah tempat kediaman bagi-Ku!
17:5Sejak Aku memimpin umat Israel keluar dari Mesir, Aku tidak pernah tinggal di dalam sebuah rumah, melainkan berpindah-pindah dari kemah ke kemah.
17:6Selama itu Aku tidak pernah berkata kepada para pemimpin Israel dan kepada para hakim yang telah Kutetapkan untuk memelihara umat-Ku itu begini, 'Mengapa kamu tidak membangun rumah bagi-Ku dari kayu aras?'
17:7"Katakanlah kepada hamba-Ku Daud, bahwa TUHAN semesta alam berfirman: Aku telah mengangkat engkau dari kedudukan sebagai gembala untuk menjadi raja atas umat-Ku Israel.
17:8Aku telah menyertai engkau ke mana pun engkau pergi; Aku telah menghancurkan musuh-musuhmu, dan Aku akan menjadikan namamu besar seperti nama orang-orang terbesar yang pernah ada di bumi.
17:9Aku akan mengaruniakan satu tempat tinggal yang tetap kepada umat-Ku Israel, dan Aku akan menanamkan mereka di situ. Mereka tidak akan diganggu lagi. Bangsa-bangsa yang jahat tidak akan mengalahkan mereka lagi seperti pada masa-masa lalu,
17:10ketika mereka di bawah pimpinan para hakim. Aku akan menundukkan segala musuhmu. Dan Aku memberitahukan kepadamu, bahwa keturunanmu akan menjadi raja atas Israel sama seperti engkau.
17:11"Apabila masa hidupmu di dunia sudah habis, maka Aku akan mengangkat salah seorang keturunanmu untuk duduk di atas takhtamu; dan aku akan menjadikan kerajaannya kuat.
17:12Dialah yang akan membangun sebuah rumah bagi-Ku dan Aku akan mengokohkan keturunannya sebagai raja untuk selama-lamanya.
17:13Aku akan menjadi Bapanya dan ia akan menjadi anak-Ku. Aku tidak akan menarik kembali kasih dan kemurahan-Ku dari dia seperti Aku telah menariknya kembali dari Saul.
17:14Aku akan menetapkan dia sebagai pimpinan atas umat-Ku dan atas kerajaan-Ku untuk selama-lamanya -- keturunannya akan selalu memerintah sebagai raja, sampai selama-lamanya."
17:15Nabi Natan menyampaikan kepada Raja Daud semua yang telah difirmankan TUHAN kepadanya itu.
17:16Lalu masuklah Raja Daud dan duduk di hadapan TUHAN serta berkata, "Siapakah hamba ini, ya TUHAN Allah, dan siapakah keluarga hamba sehingga Engkau memberikan segala kelimpahan ini kepada hamba?
17:17Segala perkara besar yang telah Kaulakukan bagi hamba bahkan Kautambahi lagi dengan janji-janji-Mu yang indah mengenai keturunan hamba di masa yang akan datang! Karena Engkau berfirman bahwa keturunan hamba Kautetapkan untuk menjadi raja juga. (Engkau memandang hamba seolah-olah hamba seorang tokoh yang besar.)
17:18Apa lagi yang dapat hamba katakan? Engkau tahu bahwa hamba ini tidak berharga, namun Engkau memberi kehormatan kepada hamba!
17:19Ya TUHAN, Engkau telah mengaruniakan kepada hamba segala janji yang indah semata-mata karena Engkau ingin berbuat baik kepada hamba, dan karena kemurahan hati-Mu.
17:20Ya TUHAN, tidak ada yang seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau. Sesungguhnya kami belum pernah mendengar tentang adanya allah yang seperti Engkau!
17:21"Tidak ada bangsa di bumi ini seperti umat-Mu Israel. Engkau melepaskannya dari penindasan Mesir dan menjadikan mereka umat-Mu. Engkau membuat nama-Mu besar dan melakukan banyak keajaiban. Engkau telah menyingkirkan bangsa-bangsa lain dari hadapan umat-Mu.
17:22Engkau telah memilih Israel menjadi umat-Mu untuk selama-lamanya, ya TUHAN, dan Engkau menjadi Allah mereka.
17:23"Sekarang, ya TUHAN, hamba menyambut janji-Mu. Lakukanlah sebagaimana yang Kaujanjikan itu (bahwa hamba dan keturunan hamba akan selalu memerintah umat ini).
17:24Kiranya hal itu akan membawa kemuliaan yang kekal bagi nama-Mu dan semua orang akan tahu bahwa Engkau selalu menggenapi perkataan-Mu. Mereka akan berkata, 'TUHAN semesta alam itulah Allah Israel!' Anak-anak hamba turun-temurun akan selalu memerintah Israel.
17:25Sekarang, ya Allah, hamba berani berdoa kepada-Mu, karena Engkau telah lebih dulu menyatakan janji-Mu kepada hamba, yaitu bahwa Engkau akan memberkati keturunan hamba.
17:26Allah sendirilah yang menjanjikan perkara yang baik ini kepada hamba!
17:27Berkatilah hamba-Mu ini serta keturunan hamba, karena apabila Engkau memberkati, ya TUHAN, berkat itu kekal."
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran