copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Biblika
Catatan Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
Catatan Ayat Full Life - Kisah Para Rasul 6:3
Pengantar Pengantar | Konteks Konteks | Kisah Para Rasul 6:3 Kisah Para Rasul 6:3
Kitab sebelumnyaKitab berikutnyaPasal sebelumnyaPasal berikutnyaAyat sebelumnyaAyat berikutnya
AC 06:03
Referensi Silang: {j} {k} {l}
	Lihat TSK ref. "AC 06:03"

Catatan Kaki:
~~~~~~~~~~~~
Nas  : /TB Kis 6:3*
Frasa: PENUH ROH DAN HIKMAT.

Teks:	Para rasul menetapkan bahwa ketujuh orang yang terpilih itu
membuktikan bahwa mereka senantiasa berada di bawah pengaruh Roh Kudus.
Rupanya para rasul ini menganggap bahwa tidak semua orang percaya
senantiasa penuh dengan Roh. Dengan kata lain, mereka yang gagal untuk
hidup setia dalam Roh (/TB Gal 5:16-25) tidak akan penuh dengan Roh lagi.
Mengenai istilah "penuh dengan Roh Kudus," dan "dipenuhi dengan Roh Kudus"
perhatikan yang berikut ini:

1) Ungkapan "penuh dengan Roh Kudus" (bd. /TB Kis 6:5; 11:24)
   mengungkapkan suatu sifat atau keadaan yang berkesinambungan di dalam
   orang percaya yang diakibatkan oleh kepenuhan Roh Kudus dan yang
   memungkinkan mereka untuk melayani dengan kuasa Roh serta bernubuat
   dengan ilham sebagaimana diberikan Roh.

2) Istilah "dipenuhi dengan Roh Kudus" dipakai dengan tiga pengertian:

   (a) untuk menunjukkan penerimaan baptisan dalam Roh Kudus
       (/TB Kis 1:5; 2:4; 9:17; 11:16);

   (b) untuk menunjukkan pemberian kuasa kepada seorang atau
       orang-orang percaya pada saat tertentu untuk berbicara di bawah
       dorongan Roh Kudus (/TB Kis 4:8; 13:9; Luk 1:41-45,67-79); dan

   (c) untuk menunjukkan suatu pelayanan nubuat umum yang diilhami atau
       diurapi Roh Kudus tanpa menyebutkan masa pelayanan tersebut
       (/TB Kis 4:31-33; 13:52; Luk 1:15).

3) Setelah menerima baptisan dalam Roh pertama kali, orang percaya yang
   dengan setia hidup dalam Roh, sambil mematikan perbuatan daging
   (/TB Rom 8:13-14), dapat digambarkan sebagai "penuh dengan Roh Kudus",
   yaitu, memelihara kepenuhan Roh yang mendiami diri mereka (mis. ketujuh
   orang yang terpilih itu, khususnya Stefanus, ayat /TB Kis 6:3,5; 7:55;
   atau Barnabas, /TB Kis 11:24). Juga, mereka yang memelihara kepenuhan
   Roh, boleh menerima pengisian baru dengan Roh untuk suatu maksud atau
   tugas tertentu, khususnya suatu kesanggupan ilahi untuk berbicara
   dibawah dorongan Roh Kudus.
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran