Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/05/16

Minggu, 16 Mei 2021 (Minggu ke-7 sesudah Paskah)

Mazmur 140
Perlindungan dari Orang Jahat

Berhadapan dengan orang jahat? Tentu sebuah situasi yang menakutkan. Terlebih lagi ketika mereka terus-menerus mengancam kita.

Berada dalam situasi perang dan dikelilingi musuh bukanlah situasi yang diinginkan Daud. Setiap hari mereka memicu terjadinya perang dan dengan sembunyi memasang jerat, sehingga Daud berlari kepada Tuhan yang mampu menolongnya. Daud memohon pemeliharaan Tuhan supaya Tuhan meluputkannya dari mereka. Ia berseru agar Tuhan berada di pihaknya. Tuhan adalah kekuatan dan keselamatan. Dia menjaga Daud dalam perang-perang sebelumnya. Maka sekali lagi, Daud memohon perlindungan Tuhan atas dirinya (7-8).

Daud mengenal bahwa Tuhan adalah Pribadi yang Mahaadil. Dia yang memberikan keadilan kepada yang tertindas dan membela yang miskin (13). Orang fasik bisa saja membuat tipu muslihat sedemikian rupa. Orang sombong meninggikan dirinya dan berniat menghancurkan orang benar, tetapi sesungguhnya Tuhan tidak akan membuat rencana mereka berhasil (9-10).

Pemfitnah akan ditimpa oleh perkataan mereka sendiri. Penindas akan diburu oleh malapetaka. Semua orang jahat akan mendapatkan kehancuran sebagai ganjaran atas kejahatan mereka. Namun sebaliknya, orang-orang yang benar dan jujur akan mendapat perlindungan. Mereka akan memuji nama Allah dan diam di hadapan Allah semesta alam (14).

Bersyukurlah karena kita memiliki tempat perlindungan yang adil. Ia mampu melindungi kita dari tipu dan jerat orang jahat. Saat ini mungkin kita tidak berada dalam situasi perang seperti Daud, tetapi kita perlu memohon perlindungan terhadap maksud-maksud jahat orang yang ingin menjatuhkan kita, bahkan yang ingin menjauhkan kita dari Tuhan. Hidup benar merupakan jalan agar permohonan kita berkenan di hadapan Allah, terlindung dari ancaman dan hidup dengan selamat.

Dari segala kejahatan, kita mau berlindung di dalam Tuhan. Dialah yang memberi keadilan dan menjaga hidup kita di dalam jalan-Nya. [MRH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org