Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/04/15

Kamis, 15 April 2021 (Minggu ke-2 sesudah Paskah)

Mazmur 119:17-32
Kompas Hidup

Perjalanan ke tempat yang belum pernah kita tuju dapat menjadi pengalaman yang sulit jika kita tidak menggunakan peta atau kompas dalam perjalanan. Kompas adalah alat penunjuk arah yang dapat menuntun perjalanan kita ke arah tujuan yang benar.

Pemazmur menggambarkan kehidupannya seperti orang asing di dalam dunia ini, seperti seorang musafir (19). Sebagai orang asing di dunia ini, ia membutuhkan firman Tuhan sebagai kompas hidupnya. Itu karena firman berisi perintah, keajaiban, hukum, peringatan, nasihat, titah, dan perbuatan-perbuatan ajaib Tuhan. Semua itu akan memberinya kehidupan, menghapus cela dan penghinaan yang datang kepadanya, meneguhkannya, membawanya kepada jalan kebenaran, serta melapangkan hatinya-jika ia melakukan firman itu dalam hidupnya.

Meskipun harus menghadapi orang-orang yang kurang ajar, mereka yang mencela, bahkan kesepakatan jahat dari para pemuka sekalipun, pemazmur tidak takut asalkan dia hidup berpegang pada firman Tuhan yang mengajarnya jalan hidup yang benar. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika berkali-kali pemazmur menyatakan kerinduannya untuk dibimbing oleh firman Tuhan, dan kesadarannya bahwa tanpa firman Tuhan ia tidak dapat hidup.

Berkaca dari pengalaman pemazmur, sesungguhnya kita juga adalah musafir yang membutuhkan tuntunan dan arahan dalam menjalani kehidupan. Kita membutuhkan kompas agar kita tahu bagaimana kita harus hidup di dunia ini dan mencapai tujuan Allah dalam diri kita.

Alkitab adalah kompas hidup yang dapat menunjukkan kepada kita rute perjalanan terbaik dan benar, meskipun rute itu belum tentu aman dan nyaman. Hambatan akan selalu ada, namun dengan firman, kita dapat menghadapinya. Rindukanlah firman Tuhan seperti pemazmur, dan nantikanlah suara-Nya yang memberi perintah dan menuntun kita di sepanjang jalan kehidupan. Dengan menggenggam firman Tuhan sebagai kompas hidup kita, selamatlah kita sampai tujuan. [STG]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org