Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/03/15

Senin, 15 Maret 2021 (Minggu Pra-Paskah 4)

Yohanes 12:44-50
Melihat Yesus, Melihat Allah

Perjalanan dan pelayanan Yesus, yang Ia lakukan bersama dengan murid-murid-Nya, akan diakhiri-Nya juga hanya dengan murid-murid-Nya. Dan kepada mereka yang terus setia mengikut Yesus, diberikan pengajaran-pengajaran yang lebih lengkap tentang misi kedatangan-Nya.

Nas hari ini adalah tentang pengajaran Yesus yang terakhir di Yerusalem di depan banyak orang. Pengajaran ini sepertinya merangkum khotbah-khotbah yang pernah disampaikan-Nya. Kembali Ia menandaskan hal-hal yang sangat perlu untuk dipahami dan dicamkan.

Pertama, Yesus mengingatkan orang banyak itu agar percaya kepada-Nya. Ia menegaskan bahwa orang-orang yang percaya kepada-Nya juga percaya kepada Dia yang mengutus-Nya, yaitu Allah Bapa (44). Kedua, Yesus memberi tahu bahwa orang yang melihat Dia juga melihat Bapa yang mengutus-Nya (45). Ketiga, tujuan Yesus datang ke dalam dunia ini adalah untuk menjadi terang di dunia yang penuh kegelapan. Karena itu, siapa yang percaya kepada Dia akan berada di dalam terang dan tidak lagi tinggal di dalam kegelapan (46).

Yesus mengeklaim bahwa perkataan-Nya bukan dari diri-Nya sendiri, melainkan dari Bapa yang mengutus-Nya untuk menyampaikan perkataan itu. Perintah yang Bapa firmankan adalah hidup yang kekal sehingga setiap orang yang merespons akan mempunyai hidup yang kekal. Segala yang difirmankan Yesus tidak akan lenyap; firman-Nya akan menjadi hakim pada akhir zaman nanti.

Tiga anugerah yang sangat istimewa bagi banyak orang pada masa Yesus adalah mereka bisa melihat Yesus secara fisik, percaya kepada-Nya, dan berada di dalam terang Allah karena ada sosok Yesus yang mereka lihat dari perbuatan-perbuatan ajaib-Nya. Sekalipun kita tidak lagi melihat Yesus secara fisik, anugerah ini terus ditawarkan sepanjang masa hingga tibanya akhir zaman. Dengan percaya kepada perkataan Yesus, kita akan memperoleh hidup dan tidak tinggal dalam kegelapan. Bersyukurlah untuk anugerah ini dan senantiasa memuji nama-Nya. [INK]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org