Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/03/12

Jumat, 12 Maret 2021 (Minggu Pra-Paskah 3)

Yohanes 12:12-19
Menghormati Kristus Sang Raja

Pernahkah kita menyambut datangnya seorang pembesar? Bagaimana seharusnya penyambutan yang kita lakukan? Apakah bentuk penyambutan itu telah menunjukkan sikap hormat kita kepadanya?

Nas ini merupakan penggenapan dari nubuat tentang Yesus sebagai Raja (13, 15). Orang-orang yang hadir dalam perayaan Paskah sangat gembira ketika mendengar bahwa Yesus sedang dalam perjalanan menuju ke Yerusalem (12). Figur yang selama ini hanya mereka dengar akan hadir di tengah-tengah mereka; karena itu, secara spontan mereka menyongsong Yesus (18). Ini dampak kebangkitan Lazarus yang menjadi peristiwa fenomenal.

Daun-daun palem yang mereka bawa adalah bentuk penghormatan istimewa yang biasa dilakukan untuk menyambut para pahlawan yang pulang dari medan pertempuran dengan membawa kemenangan. Para murid baru memahami peristiwa itu setelah kebangkitan Yesus (16). Teriakan "Hosana" bermakna "berilah kiranya keselamatan"; di dalam Kitab Mazmur ucapan ini merupakan pengharapan akan pertolongan dan keselamatan dari Allah. Seruan ini merupakan bentuk pengakuan bahwa Yesus adalah Sang Mesias.

Kita bersyukur karena karya Kristus telah digenapi dan kita dapat melihat semua karya itu. Ia adalah Raja dan segala kuasa ada di dalam tangan-Nya. Sebagai warga kerajaan Allah, marilah kita hidup taat kepada Raja kita. Menghormati Raja adalah kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai warga-Nya. Nilai-nilai ketaatan dan penghormatan kita semestinya menyatu dan tercermin di dalam diri kita, bukan hanya ketika kita beribadah, melainkan dalam seluruh kehidupan kita.

Jika kita menghormati Dia sebagai Raja kita, tentunya kita tidak mau mempermalukan nama-Nya dengan menentang perintah-Nya. Kejujuran dalam bekerja, ketulusan untuk memberi, kesetiaan kepada Allah dalam menjalani pergumulan, juga kasih dan sikap peduli kepada orang lain adalah sebagian kecil dari nilai-nilai yang harus dicerminkan sebagai warga kerajaan-Nya. Hosana! [MKD]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org