Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/12/21

Senin, 21 Desember 2020 (Minggu Adven ke-4)

Yoel 2:28-32
Allah Mencurahkan Roh-Nya

Allah berjanji akan mencurahkan Roh-Nya ke atas orang-orang yang menyerukan nama-Nya. Mereka, tua dan muda, orang merdeka dan hamba, laki-laki dan perempuan, akan menerima Roh Allah. Mereka akan bernubuat, mendapat mimpi dan penglihatan (28-29).

Apa maksudnya? Sebelumnya, Roh Allah diberikan kepada orang-orang pilihan dan yang diurapi-Nya. Mereka adalah raja, imam, dan nabi. Tujuannya untuk menyatakan maksud dan berkat-Nya kepada manusia.

Namun, saat Hari Tuhan tiba, Allah menyatakan maksud dan rencana-Nya kepada orang yang berseru kepada-Nya. Roh Allah akan dicurahkan kepada semua orang sehingga mereka semua akan menjadi pembawa pesan Allah, akan mendapat penglihatan-penglihatan dan karunia-karunia rohani. Pada waktu itu, tanpa pembedaan jenis kelamin, usia, dan bangsa, semua orang akan menerima karunia rohani yang berbeda untuk tiap-tiap orang menurut kehendak Allah (28).

Selain itu, Hari Tuhan juga akan memisahkan orang-orang yang akan diselamatkan dari orang-orang yang akan dibinasakan. Hanya mereka yang berseru atau percaya kepada Tuhan yang akan menerima keselamatan dan diluputkan dari dahsyatnya hari itu yang digambarkan dengan darah, api, gumpalan asap, dan kegelapan (30-32).

Petrus melihat peristiwa Pentakosta sebagai penggenapan janji keselamatan itu (bdk. Kis. 2:17-21). Setelah Kristus bangkit, Allah Bapa akan mengutus Roh Kudus kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya, yaitu mereka yang bertobat dan dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Orang itulah yang akan menerima Roh Allah.

Kita bersyukur karena Roh Allah memampukan kita memahami maksud dan rencana-Nya terhadap manusia dalam Yesus Kristus. Ia rindu agar semua orang yang percaya kepada Kristus beroleh keselamatan. Yesus telah menyelesaikan penebusan di kayu salib. Kini, Roh Kudus hadir untuk menuntun kita dalam menjalani keselamatan itu. Roh Kudus senantiasa beserta kita sampai Hari Tuhan tiba. [JMH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org