Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/10/06

Selasa, 6 Oktober 2020 (Minggu ke-18 sesudah Pentakosta)

Yesaya 3:1-15
Tatanan Masyarakat yang Diruntuhkan

Suatu masyarakat akan berfungsi dengan baik jika dipimpin oleh orang-orang berhikmat. Sejarah menunjukkan bahwa pemimpin sangat menentukan arah tujuan dan masa depan masyarakat yang dipimpinnya.

Pemimpin bijak akan membawa masyarakat kepada keberhasilan, sedangkan pemimpin bodoh dapat membawa masyarakat kepada kehancuran. Di sini kita melihat Tuhan akan menghancurkan umat-Nya dengan cara meruntuhkan tatanan mereka. Ia tidak lagi menyertai Yerusalem dan Yehuda (1). Ia akan menghilangkan para pemimpin yang mereka andalkan, seperti pahlawan, orang perang, hakim, nabi, perwira, orang terpandang, dan penasihat (2-3). Bahkan, mereka yang, walaupun tidak sah, dianggap menjadi pemimpin atau orang penting oleh masyarakat; contohnya petenung, ahli sihir, dan orang yang paham mantera. Tuhan akan mengganti para pemimpin formal maupun tidak sah dengan pemuda-pemuda dan anak-anak, yaitu orang-orang yang tidak memiliki kualifikasi sebagai pemimpin.

Semua tatanan masyarakat akan terbalik, orang muda akan membentak orang tua, yang hina melawan yang mulia. Orang yang mempunyai kualifikasi tidak lagi mau menjadi pemimpin karena melihat tidak ada keuntungan. Hal itu Tuhan lakukan karena umat sudah melawan Tuhan (5-8).

Salah satu cara Tuhan menghancurkan suatu bangsa adalah dengan membiarkan orang-orang yang tidak berkualitas menjadi pemimpin. Orang tidak mau memimpin karena tidak lagi menguntungkan. Dengan terbaliknya tatanan masyarakat, kehidupan yang teratur tidak mungkin terjadi.

Kita perlu berdoa supaya Tuhan memberikan kepada kita pemimpin-pemimpin yang baik, di gereja maupun dalam masyarakat. Sungguh suatu anugerah jika kita masih memiliki para pemimpin yang baik. Marilah kita terus berdoa supaya Tuhan memberi kita pemimpin yang baik, pemimpin rohani maupun sipil, agar dalam bergereja dan bermasyarakat kita diberkati dan menjadi berkat. [INT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org