Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/07/21

Selasa, 21 Juli 2020 (Minggu ke-7 sesudah Pentakosta)

Hakim-hakim 5:1-31
Pujian kepada Allah

Nyanyian adalah sesuatu yang biasa kita jumpai dalam keseharian. Pada umumnya, musik dan lirik menggambarkan isi hati sang penggubah lagu. Selalu ada maksud yang ingin disampaikan melalui lagu tersebut. Demikian juga dengan nyanyian kepada Tuhan; orang-orang yang mengasihi-Nya memiliki tujuan memuliakan-Nya. Nyanyian rohani atau puji-pujian dapat menjadi sebuah ungkapan syukur dan pernyataan iman kita kepada Tuhan.

Nyanyian juga merupakan bagian yang sangat dihargai dalam budaya Israel dari dahulu hingga sekarang. Hal ini terlihat dari gubahan lagu Debora sesudah kemenangan Israel atas Kanaan. Bagian ini merupakan pujian yang menceritakan tentang kemenangan Israel yang dicatat pada pasal sebelumnya. Pujian ini merupakan pernyataan bahwa Tuhan itu Mahabesar dan Mahakuasa sehingga layak dipuji, dimuliakan, dan ditinggikan. Pujian ini merupakan pengakuan bahwa hanya perbuatan tangan-Nyalah yang memampukan Israel mengalahkan musuh. Pujian ini sekaligus menjadi pengingat bagi Israel. Ketika mengasihi Tuhan dan bergantung kepada-Nya, mereka pasti akan mengalahkan musuh yang mengancam (31).

Nyanyian adalah juga bagian penting dalam kehidupan rohani kita. Alasannya, nyanyian kepada Tuhan mampu menolong kita mengarahkan perhatian kepada-Nya. Pujian dapat menolong kita untuk mengungkapkan rasa syukur ketika mengalami pertolongan Tuhan. Lewat lagu, kita bisa mengeluarkan perasaan tertekan dan kesedihan kita kepada Tuhan. Dengan memuji Tuhan, kita bisa menghadapi kekhawatiran dan merasakan damai sejahtera.

Apa pun yang sedang kita alami dalam hidup ini, baik sukacita maupun tekanan berat, memuji Tuhan akan menolong kita untuk membangkitkan pola pikir dan sikap hidup yang lebih positif.

Mari kita senantiasa memuji kebesaran Allah, dengan segenap hati seumur hidup kita. Nyanyian yang tulus menyenangkan hati Allah. Kita perlu menyediakan waktu khusus untuk menyanyikan pujian kepada Tuhan. [STG]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org