Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/06/16

Selasa, 16 Juni 2020 (Minggu ke-2 sesudah Pentakosta)

2 Korintus 10:1-11
Menjaga Otoritas dan Wibawa Rasuli

Semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin hebat pula upaya orang yang tidak menyukainya untuk menjatuhkannya. Keberhasilan Paulus memperkenalkan Yesus dan ajaran-Nya kepada jemaat Korintus bukan tanpa hambatan. Sebagian orang yang menyebut diri rasul justru menyerang Paulus dengan meragukan otoritas dan kewibawaan kerasulannya. Mereka berusaha melemahkan pengajaran Paulus dengan menyebarkan fitnah bahwa Paulus adalah rasul yang masih hidup secara duniawi (2).

Paulus membela diri bahwa dirinya dan jemaat Korintus berjuang secara surgawi dengan senjata kuasa Allah. Paulus menegaskan bahwa orang yang melakukan kejahatan akan ditaklukkan kepada Kristus dan dihukum (3-6). Dalam hal ini, Paulus menantang keyakinan orang-orang yang memfitnahnya. Ia sendiri yakin karena ia selalu bertindak berdasarkan kebenaran yang dituliskan kepada jemaat (7-11).

Iblis selalu berupaya agar pemberitaan Injil terhambat. Salah satu caranya bukan hanya dengan melemahkan, tetapi juga menggagalkan pemberitaan Injil tersebut. Jika ada seorang pelayan Tuhan yang diragukan kualitas imannya, janganlah kita gegabah untuk membuktikan kebenarannya. Jika seorang pelayan Tuhan menghadapi fitnah seperti itu, hendaklah ia menghadapinya dengan lemah lembut, rendah hati, dan tidak emosional. Hendaklah ia bersikap seperti Paulus. Jangan gentar berhadapan dengan kesukaran yang ditimbulkan oleh siapa pun. Milikilah keyakinan seperti Paulus yang selalu mengandalkan pemeliharaan Tuhan.

Bagi pelayan Tuhan, memiliki wewenang dan otoritas rasuli merupakan kebanggaan tersendiri dalam pelayanannya. Namun, harus disadari bahwa Iblis tidak akan tinggal diam dan memorakporandakan apa saja. Kita perlu mewaspadai kelicikan Iblis dalam memanfaatkan titik lemah pelayan Tuhan, yaitu harga diri kita.

Bersandarlah kepada Kristus karena Ia akan membentengi kita dengan kuasa dan anugerah-Nya. Menjalankan pelayanan yang Allah berikan dengan otoritas dan wibawa dari-Nya tentu berdampak bagi hidup kita. [RTS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org