Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/05/31

Minggu, 31 Mei 2020 (Hari Pentakosta)

Bagaimana reaksi orang yang mendapat karunia Roh Kudus? Hal ini dapat kita temukan dalam bacaan hari ini. Reaksi para murid ketika mereka penuh dengan Roh Kudus sungguh mencengangkan. Mereka yang bersembunyi di ruang atas dari rumah tempat mereka menumpang, seketika tampil di depan publik. Mereka muncul pada hari Pentakosta di Yerusalem, di mana banyak orang berkumpul.

Perubahan yang dialami para murid ini menarik untuk diperhatikan karena sungguh drastis. Lebih menarik lagi karena mereka bisa berkata-kata dalam bahasa lain (4). Bahasa ini bukanlah bahasa yang sifatnya supranatural, melainkan bahasa yang dipakai oleh banyak orang yang hadir di sana (8). Artinya, bahasa yang digunakan para murid adalah bahasa yang sangat dikenal oleh setiap suku bangsa yang berkumpul di Yerusalem. Demikianlah karya Roh Kudus.

Roh Kudus tidak hanya memampukan para murid berani bersaksi, tetapi juga menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh orang-orang yang hadir saat itu. Hal ini membuat banyak orang mengakui bahwa mereka mendengarkan kesaksian tentang perbuatan besar Allah.

Pelayanan yang digerakkan Roh Kudus adalah pelayanan yang memampukan kita menyampaikan Kabar Baik kepada siapa pun. Kita harus ingat bahwa Kabar Baik yang diberikan Allah adalah berita keselamatan bagi setiap bangsa di dunia. Adanya perbedaan suku bangsa dan kendala bahasa tidak dapat menghentikan pemberitaan Kabar Baik.

Roh Kuduslah yang membuat mereka bisa memahami Kabar Baik yang kita sampaikan. Oleh karena itu, mari kita berdoa memohon tuntunan Roh Kudus agar kita dapat melayani sesuai dengan kondisi orang-orang yang membutuhkan pelayanan kita.

Mungkin kita punya keterbatasan dalam bahasa atau keterampilan berbicara, tetapi dalam kuasa Roh Kudus, Kabar Baik dapat masuk ke dalam hati mereka. Dengan penuh hikmat kita semestinya melayani orang-orang di sekitar kita dengan bergantung pada pertolongan Roh Kudus. [HOS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org