Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/05/10

Minggu, 10 Mei 2020 (Minggu ke-4 sesudah Paskah)

Bilangan 18
Tanggung Jawab dan Konsekuensinya

Setiap pekerjaan yang diberikan merupakan tanggung jawab yang dipercayakan atasan kepada kita. Tentu saja, tanggung jawab itu disertai dengan upah maupun sanksi yang akan kita terima. Demikianlah Tuhan memperlakukan Harun dan suku Lewi.

Tuhan memberikan tugas kepada Harun, anak-anaknya, dan seluruh suku Lewi untuk pekerjaan di Kemah Pertemuan (4-7). Ini merupakan tugas berat karena tidak sembarang orang boleh mengurus segala pekerjaan di Kemah Pertemuan. Secara khusus, Tuhan memilih Harun, keturunannya, dan seluruh suku Lewi. Selain itu, Tuhan juga memberitahukan segala konsekuensi yang akan mereka terima dalam pekerjaan tersebut.

Pertama, Allah tidak menghendaki adanya kesalahan sekecil apa pun saat mereka melakukan tugas dan tanggung jawab atas Kemah Pertemuan. Setiap kesalahan akan berimbas kepada diri dan seluruh suku Lewi. Karena itu, mereka perlu hati-hati dan disiplin tinggi dalam melayani Allah yang kudus dan sempurna.

Kedua, dalam melayani Allah yang kudus terdapat kelimpahan anugerah-Nya. Konsekuensi yang harus ditanggung oleh kaum imam dan suku Lewi setimpal dengan kebaikan yang mereka peroleh dari Allah. Dalam hal ini, suku Lewi mendapatkan bagian yang terbaik dari seluruh persembahan orang-orang Israel. Karena Allah adalah milik pusaka suku Lewi, maka apa yang menjadi kepunyaan Allah menjadi kepunyaan mereka juga. Mereka adalah bagian dalam meja perjamuan Allah.

Sama seperti terhadap Harun dan sukunya, Tuhan juga menghendaki agar kita semua dapat mengambil bagian dalam pelayanan dalam rumah-Nya. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mengambil bagian dalam pelayanan yang menjadi tugas dan tanggung jawab yang Tuhan kehendaki untuk kita kerjakan?

Tuhan menghendaki agar kita melayani-Nya dengan penuh sukacita. Kita melayani-Nya dengan seluruh talenta yang kita miliki. Mari kita melayani Tuhan dengan sungguh rela hati, setia, disiplin, dan bertanggung jawab. [SDL]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org