Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/03/12

Kamis, 12 Maret 2020 (Minggu Pra Paskah 2)

Lukas 19:11-27
Melayani Tuhan Sampai Ia Datang

Dalam dunia perbankan, kita mengenal istilah deposito. Kita menaruh sejumlah uang di bank. Lalu tanpa melakukan apa-apa, kita akan mendapat bunganya. Namun, prinsip ini sangat berbahaya jika diterapkan dalam spiritualitas. Lewat nas ini, kita akan merenungkan perihal ini.

Peristiwa ini masih terjadi di dalam rumah Zakheus, si pemungut cukai. Di situ Yesus memberikan sebuah perumpamaan yang hendak mengajarkan cara hidup warga Kerajaan Allah.

Ada seorang bangsawan yang akan berangkat ke sebuah negeri untuk dinobatkan sebagai raja (12). Sebelum pergi, ia menitipkan uang 10 mina kepada 10 hambanya (13). Tuan itu berpesan agar mereka menggunakan uang itu untuk berdagang sampai ia kembali.

Sekembalinya, Sang Raja meminta pertanggungjawaban dari mereka (15). Orang pertama dan kedua melaporkan hal positif karena berhasil memaksimalkan uang itu. Namun, orang ketiga hanya menyimpannya dan mengembalikan kepada raja. Hal itu dilakukannya karena ia takut kepada raja. Alhasil, raja menghukum orang ketiga yang jahat di matanya itu.

Kita mungkin bingung, kenapa Sang Raja tidak menyukai tindakan orang ketiga. Bukankah jumlah uangnya tidak berkurang? Namun dari dua orang sebelumnya, kita belajar satu hal. Ternyata, Sang Raja ingin agar orang kepercayaannya produktif dalam melayani.

Terkadang, kita cenderung seperti orang ketiga. Dalam kerohanian, kita mungkin menyimpan (tidak menggunakan) talenta serta kemampuan pemberian Tuhan. Akibatnya, kita tidak produktif dalam pelayanan. Kita mirip seperti orang yang menabung di deposito, yaitu tidak melakukan apa-apa, namun berharap menerima sesuatu dari Tuhan.

Kita lupa bahwa Yesus akan datang kembali sebagai Raja. Ia akan menjadi Hakim dan menuntut pertanggungjawaban kita atas semua talenta itu.

Oleh karena itu, mari kita tetap produktif melayani Tuhan sampai Ia datang.

Dengan antusias mari kita maksimalkan segala talenta yang sudah Tuhan berikan untuk melayani sesama bagi kemuliaan nama-Nya. [ARP]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org