Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/03/03

Selasa, 3 Maret 2020 (Minggu Pra Paskah 1)

Lukas 17:20-37
Persiapkan Dirimu!

Bilamanakah Kerajaan Allah datang? Pertanyaan ini mungkin sering tebersit di benak kita yang tengah menantikannya.

Orang Farisi juga menanyakan hal yang sama. Mereka menyimpulkan sendiri dengan menganggap Kerajaan Allah datang dengan tanda-tanda lahiriah. Mereka hanya melihat apa yang biasanya terlihat oleh mata jasmani. Akibatnya, pemahaman mereka tentang Kerajaan Allah pun menjadi salah.

Kesalahan itu sudah terlihat dari cara mereka merespons kelahiran Yesus. Raja Herodes, misalnya, mengira Yesus akan menjadi raja untuk menggantikannya. Ia merasa posisinya terancam. Akibatnya, ia memerintahkan agar semua anak berumur dua tahun, di Betlehem dan sekitarnya, dibunuh.

Yesus menjawab bahwa Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah (20). Sebab, kerajaan-Nya bukan dari dunia ini (Yoh. 18:36). Dan kata-Nya lagi, "Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu" (21). Yesus menyatakan bahwa Kerajaan Allah itu sudah ada dan hanya perlu dikenali.

Akan tetapi, banyak orang tidak mau mengenali Kerajaan Allah. Mereka melupakan ajaran Yesus. Seperti orang-orang pada zaman Nuh yang binasa karena air bah, mereka sibuk dengan urusannya masing-masing. Yesus juga menyamakan mereka dengan masyarakat di zaman Lot yang gemar melakukan hal jahat di mata Tuhan. Akibatnya, mereka binasa karena tidak mempersiapkan diri. Mereka malah sibuk dengan hal duniawi dan menyimpang dari ajaran Tuhan.

Lalu bagaimana dengan kita? Apakah hal-hal duniawi lebih memikat kita daripada pengharapan akan kedatangan Yesus kembali? Sebenarnya, tidak salah jika kita masih membutuhkan hal-hal duniawi. Pasalnya, kita masih hidup di dunia ini. Persoalannya, jangan sampai kita menjadi hamba dunia ini. Sebaliknya, marilah kita menjadi murid yang bijaksana sehingga mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya.

Hendaklah kita memohon pimpinan Tuhan agar kita mampu hidup benar di dalam Dia. [SLM]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org