Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/02/27

Kamis, 27 Februari 2020 (Minggu ke-7 sesudah Epifania)

2 Samuel 23:8-39
Kesuksesan adalah Karya Bersama

Kata pahlawan berasal dari bahasa Sanskerta "phalawan", yang berarti seseorang yang melalui dirinya menghasilkan buah (pahala) dengan keberanian dan kerelaan mengorbankan nyawanya sendiri. Perjuangannya akan memberikan hasil yang berarti dan bermanfaat bagi banyak orang, baik dalam lingkup bangsa maupun agama.

Dalam nas ini, kita melihat sederet pahlawan yang berjasa dan mengabdikan diri demi Daud serta kerajaannya. Daud adalah raja yang mengokohkan takhta kerajaannya sehingga bangsa-bangsa lain sangat segan. Daud selalu dilihat sebagai sosok yang membawa Israel ke dalam masa kejayaan dan pemerintahannya sering kali menjadi patokan janji Allah tentang masa depan. Sangat penting untuk menuliskan nama-nama pahlawan itu sebagai penghargaan atas pengorbanan.

Kesuksesan Daud adalah berkat Allah, namun hal itu melibatkan banyak orang. Selain Allah sendiri yang memberikan berkat kepada Daud dan keluarganya, nama-nama pahlawan yang ada di dalam daftar ini menunjukkan bahwa Daud bukanlah sosok yang mampu mencapai kesuksesan itu sendirian.

Tuhan hendak mengingatkan kita bahwa kesuksesan adalah berkat Allah dan juga hasil kerja orang lain. Mereka juga menjadi tumpuan keberhasilan kita. Ada banyak "pahlawan" di sekitar kita yang ditempatkan Tuhan bagi kita untuk menolong kita melewati berbagai proses. Proses bertumbuh dalam iman, mengenyam pendidikan yang baik, sukses dalam usaha, dan banyak hal lain yang menjadikan kita sebagaimana adanya kita saat ini. Itu semua karena dukungan orang-orang yang mengasihi kita. Karena itu, jangan melupakan mereka yang berjasa atas pencapaian kita.

Marilah kita juga memiliki semangat pahlawan yang rela berjuang dan berkorban sehingga banyak masyarakat tidak mampu bisa memperoleh pendidikan yang baik, kesehatan yang layak, mata pencaharian yang lebih baik, dan banyak orang bertumbuh dalam Tuhan karena pengorbanan serta pelayanan kita.

Doa: Tolong kami memiliki semangat kepahlawanan bagi sesama kami. [MKD]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org