Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/02/16

Minggu, 16 Februari 2020 (Minggu ke-6 sesudah Epifania)

2 Samuel 16:15-17:14
Pengaturan Ilahi

Absalom telah menduduki Yerusalem. Ia belum berkuasa selama Raja Daud masih hidup. Ia meminta nasihat Ahitofel. Ahitofel memberinya dua nasihat. Bila Absalom melaksanakan keduanya, ia akan sukses mengambil alih kerajaan ayahnya. Nasihat pertama, Absalom mengambil semua gundik ayahnya untuk memamerkan kekuasaannya. Kedua, Absalom segera menyerang Daud ketika ia lemah. Kala itu Daud dan rombongannya mengalami kelelahan fisik dan mental.

Absalom memanggil Husai, penasihat kerajaan sekaligus sahabat ayahnya. Dan ia meminta pendapatnya tentang nasihat Ahitofel yang kedua. Husai adalah orang kepercayaan Daud yang mempunyai misi menggagalkan nasihat Ahitofel. Setelah mendengar nasihat jitu Ahitofel, Husai menyampaikan nasihat yang terdengar meyakinkan (berdasarkan fakta), namun sesungguhnya merugikan Absalom. Ia menyarankan supaya Absalom mengumpulkan seluruh pasukannya dari Dan sampai Bersyeba supaya serangan itu berhasil. Sesungguhnya, Husai hendak mengulur waktu supaya Daud bisa diberi tahu tentang penyerangan itu dan punya cukup waktu untuk mengumpulkan pasukannya. Dan Absalom memilih mengikuti nasihat Husai.

Daud berdoa supaya Tuhan menggagalkan nasihat Ahitofel (2Sam. 15:31). Tuhan mengabulkannya lewat Husai. Campur tangan Tuhan bertemu dengan usaha manusia dan membuahkan hasil yang menyelamatkan. Itulah rahasia pengaturan Ilahi. Hidup ini tampaknya kacau. Banyak peristiwa yang sepertinya terjadi secara acak dan di luar kendali, seperti jatuh sakit, tertimpa musibah, dijahati orang, bertemu orang asing, melakukan kesalahan, jatuh dalam dosa, mendapat rejeki tiba-tiba, dan sebagainya. Di balik semua itu, Tuhan turut berkarya demi kebaikan kita. Marilah kita terus belajar supaya semakin peka dan mahir memadukan usaha manusia dengan rahmat-Nya secara seimbang.

Doa: Ampuni kami yang terus berusaha saat harus bersandar dan menyerah pada saat seharusnya berupaya. [WTH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org