Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/02/04

Selasa, 4 Februari 2020 (Minggu ke-4 sesudah Epifania)

2 Samuel 8:1-18
Tuhan Berperang bagi Umat-Nya

Tuhan adalah Dia yang Mahabesar dan Mahakuasa. Sebutan "El-Shaddai" berarti "Allah Yang Mahakuat dan perkasa, yang lengan-Nya kuat". Kemahakuasaan-Nya itu ditunjukkan tatkala Tuhan menyertai hamba-Nya yang setia, Raja Daud, dalam pemerintahannya sebagai raja Israel.

Dalam pemerintahannya, Daud harus melakukan peperangan dengan bangsa di sekelilingnya seperti Zoba, Aram, Amalek, Amon, Moab, Edom, dan terutama Filistin. Dalam perang itu, Raja Daud selalu menang. Hal ini semata-mata bukan karena kehebatan Daud atau keperkasaan tentaranya, melainkan karena Tuhanlah yang berperang melawan musuh-musuh Israel itu. Hal ini dilakukan Tuhan karena Ia hendak menunjukkan bahwa diri-Nya melindungi umat.

Semua itu bisa terjadi apabila umat Israel taat di bawah kepemimpinan Daud, yang sudah dipilih Allah dan kepadanya Allah berkenan. Dengan mengakui dan mengikuti kepemimpinan yang telah ditetapkan Allah, maka Allah akan memperlihatkan kemuliaan dan kekuasaan-Nya atas bangsa-bangsa. Bangsa-bangsa lain harus tahu adanya umat pilihan Allah dan orang-orang pilihan Allah yang setia kepada-Nya. Bangsa lain akan menyadari bahwa mereka seperti berhadapan dengan diri Allah Israel.

Demikian pula kita yang telah menjadi umat pilihan-Nya. Kehadiran kita di tengah bangsa adalah menjadi utusan pembawa tanda kuasa-Nya di dunia. Kita juga dipanggil untuk menjadi umat pembawa damai sejahtera Allah yang harus disebar kepada bangsa-bangsa di dunia. Melalui Tuhan Yesus, kita diminta untuk "tidak takut, sebab Ia telah mengalahkan dunia ini" (Yoh. 16:33). Rasul Paulus juga telah menyatakan kita sebagai "umat pemenang, yang lebih dari orang yang menang oleh Yesus yang mengasihi kita" (Rm. 8:37). Dalam seluruh permasalahan hidup kita, Tuhanlah yang akan "berperang" bagi kita.

Doa: Tolong kami yang sudah ditebus dalam Kristus agar dapat berlaku sebagai umat pemenang atas dosa dan kejahatan. [SHD]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org