Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2020/01/20

Senin, 20 Januari 2020 (Minggu ke-2 sesudah Epifania)

Yohanes 8:21-29
Sungguh-sungguh Percaya

Percaya kepada Yesus sebagai Tuhan adalah tahap lanjutan dari mengenal pribadi Yesus. Orang yang percaya kepada Yesus akan berusaha mengenal-Nya lebih dalam. Jangan puas dengan hanya tahu tentang profil Yesus. Kita perlu memahami kehendak-Nya sehingga percaya kepada-Nya dengan segenap hati. Bagaimana kita dapat percaya kepada-Nya?

Orang Yahudi sangat serius memperhatikan kepercayaan mereka kepada Tuhan. Mereka menjaga ajaran dengan ketat. Semua sisi kehidupan diatur oleh Taurat. Karena itu, kehadiran Yesus mengusik mereka.

Yesus berkata kepada orang Yahudi bahwa mereka tidak memahami arti kehadiran-Nya dan tidak percaya kepada-Nya. Mereka berusaha mencari Yesus, tetapi tidak menemukan-Nya karena dosa yang menghalangi (21). Mereka justru menjadi salah sangka dan mengira bahwa Yesus hendak bunuh diri dengan mengatakan: “Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang” (22). Yesus pun menjelaskan bahwa Ia datang dari surga dan mereka adalah manusia (23). Orang yang tidak percaya kepada-Nya akan mati dalam dosa.

Orang Yahudi sulit menerima pengakuan Yesus terhadap diri-Nya (24) dan Yesus mengetahui hal ini (25-27). Kelak mereka akan percaya kepada Yesus ketika Ia dimuliakan (28). Yesus memahami bahwa Ia harus melakukan kehendak Bapa-Nya (29).

Yesus adalah Kristus. Ia hadir di dunia untuk menyatakan keselamatan dari Bapa. Setiap orang yang percaya akan diselamatkan. Dengan memiliki kepercayaan ini, seseorang diperkenan kepada Allah.

Sebagai orang Kristen, kita harus memiliki kepercayaan yang teguh kepada Yesus Kristus. Allah telah mengutus-Nya ke dalam dunia supaya kita percaya. Hal ini menjadi kekuatan bagi kita dalam menghadapi berbagai usaha yang dapat menghilangkan kepercayaan kita pada Yesus. Ia lebih dari sekadar menjadi tokoh panutan karena Ia adalah Tuhan yang memberikan keselamatan bagi manusia.

Doa: Ya Bapa, teguhkanlah kepercayaan kami kepada Yesus Kristus. [JST]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org