Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/12/29

Minggu, 29 Desember 2019 (Minggu ke-1 sesudah natal)

Yohanes 2:1-12
Biasa Menjadi Luar Biasa

Sejak awal Yohanes Pembaptis menegaskan bahwa Yesus adalah Anak Domba Allah sekaligus Allah. Segala sesuatu yang Yesus lakukan menunjukkan kesetaraan-Nya dengan Bapa Surgawi. Sebagai ibu-Nya, Maria tahu bahwa Yesus bukan manusia biasa. Maria yakin, dalam Yesus ada kuasa yang sama besarnya dengan Bapa Surgawi. Hal itu terlihat dalam pesta perkawinan di Kana sebagai tanda pertama dari pelayanan Yesus.

Yesus bersama para murid-Nya menghadiri undangan pesta perkawinan di Kana. Ibu Yesus pun ada di sana (1-2). Di tengah suasana pesta, tuan rumah menjadi panik saat mengetahui anggur telah habis (3). Bagi orang Yahudi, kehabisan anggur dalam sebuah pesta merupakan hal yang memalukan. Di sini Maria berusaha memberikan pertolongan pertama, yaitu datang kepada Yesus. Namun, Yesus mengatakan bahwa saat-Nya belum tiba (4).

Dalam hal ini, kita melihat betapa teguh iman Maria, ketika ia mengatakan kepada para pelayan untuk mematuhi perintah Yesus (5-6). Dan terbukti bahwa air yang dituangkan ke dalam tempayan diubah-Nya menjadi anggur. Ternyata bukan anggur biasa, melainkan anggur berkualitas tinggi (7-10).

Yesus bertindak bukan karena desakan Maria, tetapi atas kehendak Bapa. Apa yang dilakukan Yesus memberikan penghiburan kepada kita bahwa Dia tidak pernah diam menyaksikan kesulitan yang kita alami. Seperti halnya Maria yang meyakini bahwa Yesus adalah Anak Allah yang berkuasa, demikian pula seharusnya iman kita teguh di dalam Kristus.

Yesus yang kita percaya tidak hanya berdaulat menyelamatkan kita, tetapi juga Dia mampu memberikan pemahaman baru dari setiap krisis yang kita alami.

Dan Tuhan pun menuntut ketaatan yang sungguh-sungguh. Dengan demikian, Allah akan melimpahkan anugerah melalui penyertaan-Nya yang luar biasa. Ia akan menjadikan banyak hal yang biasa sebagai luar biasa dalam kuasa-Nya dan ketaatan kita.

Doa: Mampukan kami memahami kasih-Mu dan tolong kami hidup dalam ketaatan. [RS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org