Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/12/15

Minggu, 15 Desember 2019 (Minggu Adven ke-3)

Efesus 2:11-22
Kasih yang Mempersatukan

Kedatangan Kristus ke dalam dunia menjadi sebuah berita sukacita bagi seluruh dunia. Kristus datang memberitakan damai sejahtera bagi mereka yang dekat (Mzm. 148:14), yaitu bangsa Israel; dan juga bagi mereka yang jauh, yakni yang bukan berasal dari keturunan Israel. Sangat disayangkan, bangsa Israel yang memiliki Kitab Perjanjian Lama justru menolak Kristus sebagai Mesias yang dijanjikan Allah untuk menyelamatkan dunia. Bagaimanapun, kedatangan Kristus ke dunia ini telah merobohkan tembok pemisah, yaitu perseteruan antara yang dekat dan jauh, lalu mempersatukannya melalui kematian-Nya di kayu salib sehingga keduanya dapat hidup dalam kesatuan damai sejahtera.

Paulus menjelaskan ada tiga hal yang dilakukan Kristus di kayu salib, antara lain: Pertama, membatalkan hukum taurat (15); kedua, menciptakan satu umat yang baru (15); dan ketiga mendamaikan orang Yahudi dan non Yahudi sehingga mereka menjadi umat kepunyaan Allah. Umat yang telah didamaikan Kristus adalah anggota Kerajaan Allah dan kawan sekerja Allah (19).

Paulus menekankan pentingnya kesatuan tubuh Kristus. Meskipun ada perbedaan, namun tetap ada kerendahan hati untuk menjaga kesatuan tubuh Kristus agar tidak terpecah belah. Gereja seharusnya saling menghargai perbedaan dan melihat perbedaan itu sebagai keragaman yang memperkaya, bahkan kekuatan untuk saling melengkapi. Perbedaan bukan untuk saling merendahkan dan menghancurkan satu sama lain sehingga kesaksian menjadi rusak. Gereja dipanggil sebagai alat Tuhan untuk menyaksikan kasih Kristus dalam kesatuan umat di tengah dunia yang terpecah ini. Keharmonisan seharusnya dapat ditemukan dengan mudah di gereja-Nya.

Dengan memaknai kedatangan Kristus ke dalam dunia ini, gereja dipanggil untuk saling mengasihi, menghormati, dan melayani agar damai sejahtera Kristus selalu ada di tengah kehidupan kita.

Doa: Tuhan, tolong kami menjaga keutuhan dan kesatuan tubuh Kristus. [GS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org