Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/09/26

Kamis, 26 September 2019 (Minggu ke-15 sesudah Pentakosta)

Lukas 12:49-53
Sebuah Kesempatan

Banyak orang yang menantikan Yesus menganggap bahwa kedatangan-Nya adalah untuk memberikan kelegaan, ketenangan, dan kedamaian. Ternyata, tidak selamanya begitu. Yesus datang bukan hanya untuk memberikan apa yang dinantikan oleh orang banyak. Ia juga datang untuk melemparkan api ke bumi (49) dan membawa pertentangan (51). Namun demikian, apakah situasi tersebut sungguh-sungguh akan terjadi?

Yesus telah melakukan berbagai hal dalam pelayanan-Nya, seperti mukjizat, pengajaran, dan sebagainya. Namun, tetap ada saja orang-orang yang tidak menyukai-Nya. Hal itu pun terjadi di dalam keluarga. Ada anggota keluarga yang menolak dan ada yang menerima. Sehingga pertentangan terhadap keputusan untuk mengikut Yesus tidak dapat terelakan lagi (52-53).

Pertentangan itu masih terjadi hingga hari ini. Sampai sekarang, kita masih melihat adanya konflik horizontal antara umat Kristen dengan mereka yang non-Kristen karena berbeda pemahaman tentang identitas Kristus. Ironisnya, konflik serupa juga terjadi dalam internal tubuh Kristus sendiri, yaitu sesama orang percaya sehingga kerap menimbulkan perselisihan dan perpecahan.

Meskipun ada banyak pertentangan, nas ini mengajak kita untuk tetap teguh beriman kepada Yesus dan firman-Nya. Pertentangan itu justru harus kita pandang sebagai suatu kesempatan untuk memberitakan karya keselamatan yang dikerjakan Yesus.

Dalam hal pemberitaan kabar keselamatan, orang-orang terdekat kita adalah "target" yang sangat efektif. Siapakah mereka? Mereka adalah orang tua, saudara, anak, rekan sejawat, dan tetangga. Caranya ialah dengan menunjukkan cara hidup beriman. Inilah salah satu cara memberitakan iman kita kepada dunia.

Marilah kita terus berpegang teguh pada firman-Nya dan terus-menerus menunjukkan kualitas cara hidup beriman kita kepada orang lain.

Doa: Tuhan, tolong kami untuk melihat pertentangan sebagai kesempatan untuk memberitakan kabar baik. [ER]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org