Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/04/23

Selasa, 23 April 2019 (Minggu Paskah)

1 Korintus 10:1-11:1
Iman Selaras dengan Sikap Hidup

Aktif dalam kegiatan gereja memang tidak menjamin adanya pertumbuhan rohani yang baik. Banyak orang Kristen terlibat dalam banyak pelayanan di gereja, namun kehidupan rohaninya tidak bertumbuh. Karakter dan sifatnya masih sama saja. Sungguh menyedihkan jika kita melihat kesenjangan antara perilaku dengan aktivitas rohani yang dijalani.

Demikian juga dengan kehidupan orang Israel pada masa pengembaraan. Mereka mengalami banyak pengalaman rohani bersama Tuhan. Mereka hidup di bawah perlindungan awan kala terik matahari menikam ganas. Mereka melihat laut terbelah menjadi dua. Mereka memakan manna yang turun dari langit. Akan tetapi, mereka tetap hidup dalam dosa dan kejahatan (1-4).

Dalam bagian ini, Paulus mengingatkan jemaat di Korintus agar tidak meniru nenek moyang mereka. Mereka tidak menghormati Tuhan. Mereka melakukan penyembahan berhala, percabulan, mencobai Tuhan, melawan kehendak-Nya, dan bersungut-sungut (7-10). Akibatnya, sebagian besar dari mereka ditewaskan Tuhan di padang gurun (5). Peristiwa-peristiwa itu dicatat dengan maksud tertentu. Tujuannya untuk menjadi pengingat agar jemaat tidak mengulangi perbuatan-perbuatan jahat itu (6, 11).

Tulisan Paulus juga masih relevan bagi kita di zaman ini. Kita jangan sampai mengulangi kesalahan nenek moyang Israel. Oleh sebab itu, mari kita mengevaluasi kehidupan rohani kita. Seiring waktu, apakah kita makin bertumbuh atau makin jauh dari kebenaran firman-Nya?

Kiranya pengalaman berjalan bersama Tuhan selama ini menolong kita untuk makin menghormati-Nya. Kita semakin membenci dosa dan taat pada firman-Nya. Biarlah pengalaman-pengalaman rohani membuat kita makin mengenal Tuhan, bersyukur, dan berharap kepada-Nya. Biarlah pengalaman rohani membuat kita semakin percaya, berserah, taat, dan bergaul karib dengan-Nya.

Doa: Tuhan, tuntunlah setiap langkah kami agar hidup selaras firman-Mu dan seturut kehendak-Mu. [STG]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org