Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/03/10

Minggu, 10 Maret 2019 (Minggu Pra-Paskah 1)

Kisah Para Rasul 26:24-32
Kekuatan Anugerah

Menjadi percaya bukanlah perkara mudah. Ketersediaan fakta, bukti, dan argumentasi tidak menjadi jaminan seseorang akan langsung percaya pada sesuatu. Ada satu mekanisme misterius yang bekerja dalam proses seseorang bisa menjadi percaya.

Paulus mengungkapkan fakta-fakta perjumpaannya dengan Yesus. Beberapa orang bereaksi tidak percaya. Festus menginterupsi dengan berkata, "Paulus engkau gila!" (24). Raja Agripa berseru, "Hampir-hampir saja kau yakinkan aku menjadi Kristen!" (27). Banyak orang di ruang persidangan mendengar, namun mereka diam.

Dari kisah ini, kita kembali disadarkan bahwa memercayai Yesus merupakan sebuah anugerah. Itu adalah pemberian karena kemurahan-Nya, bukan usaha kita. Sejuta fakta dan segudang bukti tidak akan menjamin seseorang menjadi percaya kalau tiada anugerah.

Paulus sendiri bisa menjadi percaya karena sebuah perjumpaan dengan Yesus. Apakah ia mengusahakan peristiwa itu? Apakah ia yang menghendaki mengalami momen itu? Tidak! Itu semua terjadi karena Tuhan memberinya anugerah. Yesus menampakkan diri kepada Paulus karena kasih karunia semata. Itu terjadi bukan karena prestasi Paulus.

Yesus adalah tokoh penting dan pusat sejarah dunia. Pusparagam wacana pun muncul atas-Nya sehingga ada beragam cara meresponsnya. Festus, misalnya, berteriak dan mencela. Raja Agripa meragu. Orang banyak bungkam. Paulus percaya dan memberitakan kesaksian tentang Yesus. Lalu, bagaimana dengan Anda?

Pada akhirnya, semua kembali pada kasih karunia. Anugerah bekerja dengan melampai akal. Ia mengatasi-bukan melawan-hukum-hukum logika kita yang terbatas. Inilah mekanisme misterius itu; sesuatu yang tak bisa terjelaskan lewat kata dan bahasa. Semua yang sudah merasakan anugerah itu harus segera menaikkan syukur kepada-Nya, Sang Pemberi Anugerah.

Doa: Tuhan, anugerah-Mu indah karena Engkau sendiri sudah mempertemukan kami dengan Anak-Mu, Yesus Kristus. [PUR]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org