Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/02/12

Selasa, 12 Februari 2019 (Minggu ke-5 sesudah Epifani)

Yosua 18:11-28
Diberkati untuk Menjadi Berkat

Apakah kita pernah bermain monopoli? Dadu yang dilempar akan menentukan langkah kita. Namun, langkah itu bukan berdasarkan kemauan kita, melainkan karena keberuntungan. Apakah kehidupan ini selalu tentang keberuntungan?

Yosua sudah mengundi tanah agar dibagikan kepada suku-suku Israel. Berdasarkan peta, tanah suku Benyamin tidak seluas suku lainnya. Luasnya hanya dua puluh lima mil panjangnya dan dua belas lebarnya.

Apakah ini sebuah kerugian? Tidak! Posisi tanah itu sangat strategis. Ia berada di antara tanah suku Yehuda dan Efraim. Lalu lintas utara-selatan melalui Pegunungan Barat mengalir melaluinya. Begitu juga halnya rute timur-barat. Lintasan ini penting karena menghubungkan Benyamin ke Yordan di timur dan pantai di barat. Sepanjang rute ini, perdagangan terus berdenyut.

Lokasi ini pun strategis secara politik. Ia menjembatani daerah utara dan selatan Israel. Kelak, suku Benyamin yang menjadi penghubung Israel dan Yehuda. Tanah suku Benyamin menjadi perbatasan. Lewat itu, orang-orang Yahudi bisa bergerak bebas. Apalagi, jika sedang terjadi konflik.

Bagaimana menempatkan Tuhan dalam memelihara kita? Mungkin, kita sedang ada masalah dengan warisan, pembagian harta, tanah, kesempatan usaha, dan sebagainya. Bisa jadi, kita sedang mengalami persoalan mengenai kebutuhan hidup. Kita mungkin khawatir ada pihak lain sedang mencoba berbuat curang. Kita mungkin cemas karena ada faktor di luar kendali yang bisa memengaruhi "keberuntungan" kita.

Khawatir adalah manusiawi, namun Alkitab melarangnya. Pada setiap perkara, kita harus berserah kepada Tuhan. Dia pasti mempunyai perhitungan untuk setiap curahan berkat-Nya. Tugas kita hanyalah memaksimalkan berkat itu. Dalam setiap berkat, Tuhan selalu menyelipkan tanggung jawab, yaitu menjadi saluran berkat. Apakah kita mampu melakukannya?

Doa: Tuhan, curahkanlah berkat-Mu agar kami bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain. [JS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org