Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2018/12/18

Selasa, 18 Desember 2018 (Minggu Adven ke-3)

Lukas 1:5-25
Supaya Engkau Tahu

Zakharia memasuki Bait Suci untuk menjalankan tugas. Namun tampaknya, dia belum siap untuk kejutan yang sedang menantinya di sana. Tuhan memang bekerja dengan cara yang mengejutkan dan misterius.

Israel sudah kenyang dalam penjajahan Romawi. Bahkan, Herodeslah yang membangun Bait Allah di Yerusalem. Herodes adalah pemerintah boneka kaki tangan Romawi. Ini merupakan suatu bukti tanpa suara tentang siapa yang sebenarnya berkuasa di Yudea.

Namun dalam Bait Suci hari itu, Zakharia berhadapan dengan seorang malaikat Tuhan (11). Mungkinkah Tuhan akan memulihkan Yerusalem (Dan. 9:20-27)? Mungkinkah Allah mendengar ratapan Israel dan akan membangkitkan kembali Kerajaan Daud? Bagaimana caranya? Orang Israel sulit membantah kenyataan bahwa mereka hidup sebagai bangsa jajahan.

Namun, berita dari malaikat Tuhan jelas. Satu bangsa akan berbalik hatinya karena satu anak yang akan lahir (17). Allah Israel memang telah berulang kali melakukan keajaiban lewat kelahiran yang mustahil (Kej. 17:17; 1Sam. 1:20). Namun, Zakharia belum pernah melihat keajaiban dalam puluhan tahun hidupnya. Salahkah jika Zakharia sulit untuk percaya?

Ketika Tuhan bertindak, kita memang sulit percaya. Tuhan terlampau mengagetkan. Dia terlalu misterius. Namun, kita bisa percaya tanpa suara, bukti, atau alasan logis. Sama seperti Zakharia, kita dapat membiarkan Allah mengerjakan maksud-Nya dalam hidup kita. Bahkan, ketika kita sulit membayangkan sepenuhnya rencana Tuhan.

Allah selalu mengingat umat-Nya. Walaupun hidup kita tampak biasa saja, Allah sanggup bekerja dengan cara yang mengejutkan. Jika momen itu tiba, mari taat kepada-Nya, walaupun kita sukar mengerti rencana Tuhan. Kita mampu fokus hanya pada keresahan kita, sedangkan Allah merencanakan untuk satu bangsa. Ketika menyerahkan hidup kepada-Nya, Allah akan menuntun kita pada kegenapan rencana-Nya.

Doa: Tolong kami Tuhan mengambil langkah tetap mengikut Engkau, walau dalam ketidakmengertian. [IM]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org