Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/12/19

Selasa, 19 Desember 2017 (Minggu Adven ke-3)

Daniel 11:20-35
Kotor vs Kudus

Setelah raja negeri Utara mati dalam peperangan, ia diganti oleh penguasa baru. Raja yang baru naik takhta ini banyak melakukan perubahan dalam kerajaannya. Ia bertindak baik dan adil. Penguasa baru itu memungut pajak dan menjalani bagian terindah dalam kerajaan. Beberapa hari setelah menjadi penguasa, ia dibinasakan. Dalam hal ini, tidak dijelaskan apa penyebab kematiannya (20).

Kekuasaan raja Utara digantikan oleh adiknya. Perilaku hidupnya tidak sebaik kakaknya. Ia seorang yang tamak, hina, dan licik. Kelicikannya tampak dalam berbagai tindakan yang memalukan bangsanya. Ia mendapat kekuasaan dengan berbagai cara licik, yaitu menyingkirkan kakaknya sendiri (21). Tentara kerajaan yang tidak loyal kepadanya dihancurkan (22). Ia berlaku curang terhadap semua orang yang bekerja sama dengannya (23). Siasat perang dilakukan dengan keculasan yang belum pernah dilakukan oleh nenek moyangnya (24).

Ketika berperang melawan kerajaan Selatan, ia dipaksa mundur dalam peperangan karena kerajaan Selatan lebih kuat. Rasa malunya dilampiaskan pada Perjanjian Kudus dalam amarah yang bernyala-nyala (30). Yang dimaksud dengan Perjanjian Kudus adalah orang-orang Yahudi yang memelihara kekudusan Tuhan sekalipun berada di negeri Babel. Akhirnya para tentara menajiskan tempat kudus dan membinasakan orang-orang Yahudi yang setia kepada Allah (31-32).

Pembantaian sadis membuat sebagian orang kudus Allah menjadi korban penguasa zalim. Ternyata Allah tidak diam. Ia segera menolong umat yang setia berpegang kepada perjanjian-Nya (34). Namun, mereka yang mati dalam Tuhan tetap mendapatkan pengharapan. Namanya akan dibersihkan dan menjadi murni hingga akhir zaman.

Hidup kudus merupakan tuntutan bagi setiap orang yang percaya kepada Allah. Kehidupan yang kudus akan mengalami ujian yang berat. Apakah kita masih bisa mempertahankan iman kepada Allah? Bagi mereka yang setia, Allah akan memurnikan namanya hingga akhir zaman. [WSP]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org