Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2016/12/29

Kamis, 29 Desember 2016 (Minggu Adven ke-4)

Apakah arti tulisan INRI di kayu salib? Huruf itu merupakan singkatan dari bahasa Latin, yaitu Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum, yang artinya Yesus orang Nazaret, Raja orang Yahudi. Bacaan hari ini memberikan latar belakang dari sebutan itu.

Sesudah Herodes mati, malaikat Tuhan kembali mendatangi Yusuf dalam mimpinya (19) untuk memberitahukan agar Yusuf beserta keluarganya keluar dari Mesir dan kembali ke Israel (20). Yusuf menaati perintah itu, sebab orang yang ditakutinya sudah mati (21). Yusuf tidak tahu bahwa pengganti Herodes adalah anaknya, Arkhelaus, yang sangat kejam. Mengetahui hal itu, Yusuf menjadi takut (22). Akan tetapi, Allah peduli terhadap Yusuf dan Ia menenangkan hati Yusuf melalui mimpi serta menasehatinya pergi ke daerah Galilea.

Galilea terletak di sebelah Utara Israel. Wilayah itu dihuni oleh orang-orang Samaria (orang Yahudi yang kawin campur dengan non Yahudi). Dari berbagai kota yang ada di wilayah ini (Kana, Kapernaum, Nazaret, Nain, dll), Yusuf memilih kembali ke Nazaret (23; bdk. Luk. 1:26, 2:4). PIlihan kembali bukan hal yang mudah. Mengingat ada kemungkinan masyarakat setempat masih memiliki pandangan miring terhadap Maria yang pernah mengandung di luar nikah. Apalagi, Nazaret dikenal sebagai kota yang penuh dosa (lih. Yoh. 1:46). Kembalinya mereka ke Nazaret merupakan bagian dari penggenapan nubuat para nabi tentang Mesias sebagai orang Nazaret.

Dalam Perjanjian Lama, tidak ada nubuatan Mesias orang Nazaret. Tetapi, kata "Nazaret" berasal dari akar kata Ibrani "???" (netzer; = "Tunas" atau "taruk yang tumbuh") seperti nubuatan para nabi ( lih. Yes. 11:1, 53:2, Yer. 23:5, 33:15, Zak. 3:8). Nubuat itu diperkuat oleh Yohanes yang menyebut Yesus sebagai Tunas Daud (Why. 5:5, 22:16).

Bagi dunia, sebutan "Yesus orang Nazaret" merupakan kehinaan. Bagi Allah, sebutan itu menegaskan kemesiasan Yesus dan memperlihatkan keseriusan-Nya menyelamatkan manusia berdosa. Pada momen Natal ini, mari syukuri turunnya rahmat Allah atas manusia. [MFS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org