Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2016/12/26

Senin, 26 Desember 2016 (Minggu Adven ke-4)

Matius 2:1-12
Allah Sanggup Memelihara

Masa-masa awal Yesus lahir bukan tanpa masalah. Salah satu masalahnya terlihat dalam bacaan hari ini.

Pada perikop ini, meski kita melihat keindahan sukacita orang-orang Majus dari Timur yang datang menyembah Yesus (1, 10, 11). Pada saat yang sama, kita dapat merasakan kepanikan, keterkejutan, kemarahan, dan ketakutan Herodes terhadap kelahiran Yesus.

Dalam rasa takut dan kalut akan hadirnya Raja Orang Yahudi, Herodes melakukan berbagai cara untuk mengetahui kebenaran berita itu. Perhatikan apa yang dilakukan Herodes: terkejut (3), segera mengumpulkan data dari para imam kepala dan ahli Taurat (4-6), bertanya dengan teliti kepada para majus (7-8), dan membohongi mereka (8). Sebagai pemimpin yang dikenal kejam dan haus kekuasaan, langkah-langkah di atas merupakan tindakan awal dari rencana besar Herodes untuk menyingkirkan Raja yang baru lahir itu.

Meski demikian, Allah tetap menjalankan rencana keselamatan-Nya. Dalam kemahakuasaan-Nya, Allah memunculkan kembali bintang yang pernah dilihat orang Majus di Timur untuk menuntun perjalanan dan pencarian mereka ke tempat di mana Yesus tinggal (9-10). Dengan begitu, para Majus dapat menjumpai Yesus dan kedua orangtuanya dan memberikan persembahan terbaik yang telah mereka persiapkan bagi Yesus (11). Setelah itu, Allah memperingatkan para Majus melalui mimpi agar mereka tidak kembali ke Herodes, melainkan pulang ke Timur melewati jalan lain (12).

Firman Tuhan memperlihatkan keagungan Allah dengan kemahakuasaan-Nya melindungi dan memelihara orang yang dikasihi-Nya. Hal ini membuktikan bahwa sejahat apa pun rencana yang dirancangkan orang lain atas hidup kita, Allah sanggup menjaga dan menyelamatkan umat-Nya. Sebab, hidup kita ada dalam genggaman tangan-Nya. Karena itu, jangan takut dan gentar karena ancaman manusia. Serahkan hidupmu ke dalam lengan-Nya yang perkasa. Ia sanggup memelihara dan melindungimu. [MFS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org