Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2015/12/19

Sabtu, 19 Desember 2015

Mikha 2:1-11
Mendengar yang Diinginkan

Judul: Mendengar yang Diinginkan
Tidak sedikit orang hanya ingin mendengar apa yang diinginkannya dan bukan apa yang mereka butuhkan. Dalam sejarah, akibat tidak mau mendengar yang dibutuhkan, banyak orang tertimpa musibah.

Hal serupa dialami Mikha dalam pelayanannya. Ada orang-orang yang senang dengan kejahatan, bahkan dalam tidur memikirkan kejahatan, begitu bangun langsung berbuat jahat (1). Mereka melakukan tindakan semena-mena, mengambil alih apapun yang diinginkan, dan bertindak kejam terhadap orang dan barang kepunyaannya (2). Karena itu, Mikha menubuatkan bahwa sekembalinya dari pembuangan, golongan yang berbuat jahat ini tidak akan mendapat bagian warisan (4-5).

Ketika mereka diperingatkan atas kejahatannya dan hukumannya, mereka memarahi Mikha karena kepercayaan diri mereka yang salah sebagai umat pilihan TUHAN. Seharusnya mereka merendahkan diri dan bertobat. Tidak sepatutnya mereka memperdebatkan kesabaran dan mengkritisi tindakan TUHAN yang dianggap kejam bagi mereka. Hal ini disebabkan mereka lebih senang mendengarkan nubuat palsu, melakukan tipu daya, dan tidak hidup dalam pimpinan dan penguasaan Allah (11).

Sementara orang-orang jahat itu memikirkan hal jahat terhadap orang lain, TUHAN mempersiapkan malapetaka atas mereka. Kesombongan mereka ditundukkan dengan memberi beban pada lehernya, yaitu beban yang membuat mereka tertunduk dan mengalami kondisi mengerikan (3). Hukuman TUHAN akan menimpa mereka yang berbuat kejam dan semena-mena terhadap orang yang tidak berdaya, termasuk para isteri dan bayi-bayi (8-9). Hukuman TUHAN tidak dapat dielakkan lagi. Mereka harus meninggalkan negerinya.

Mendengarkan berita kebenaran tidak selalu menyenangkan, bahkan sering menyakitkan. Kalau berita itu membawa pembaharuan dan kesempatan dipulihkan oleh TUHAN, kita harus rela memberi telinga dan diri untuk ditegur oleh-Nya. [TNT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org