Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2015/12/16

Rabu, 16 Desember 2015

Amsal 31:10-31
Isteri yang Takut akan Allah

Judul: Isteri yang Takut akan Allah
Salah satu fungsi isteri adalah penolong bagi suami. Ia memiliki peran dan pengaruh besar dalam keluarga. Jika di ayat 3 ibu Lemuel memperingatkan tentang figur isteri yang dapat membinasakan seorang raja, maka pada nas hari ini kita diberitahu tentang berkat bagi keluarga yang disebabkan oleh isteri yang takut akan Tuhan.

Isteri yang cakap adalah isteri yang tidak ternilai dan lebih berharga dari permata (10), sebab ia dipercaya oleh suami. Kehadirannya di tengah keluarga menyebabkan suaminya berbahagia, dan ia berbuat baik kepada suaminya sepanjang hidupnya (11-12). Dalam aktivitasnya, isteri yang cakap mampu melakukan banyak hal. Misalnya, ia mencari bulu domba dan rami, bekerja dengan tangan dan jari-jarinya memegang pemintal (13, 19). Ia serupa kapal saudagar yang mendatangkan makanan dari jauh (14). Selain itu, ia membeli ladang dan mengelolanya (16). Dengan demikian, ia mempunyai pendapatan yang menguntungkan, dan pelitanya tidak padam pada malam hari (18). Pada masa itu, hanya orang yang berpenghasilan cukup dapat menyediakan pelita pada malam hari. Berarti usaha keras dari isteri yang cakap ini membantu suaminya membuat keluarga tersebut dapat hidup nyaman. Bahkan pada musim dingin mereka tidak usah kuatir dengan salju, karena mereka semua berpakaian rangkap (21).

Sebagai seorang isteri dan ibu, ia menyediakan makanan dan pakaian untuk seisi rumah. Ia memastikan tiada seorang pun berkekurangan (15, 21). Ia juga membantu dan memperhatikan orang-orang yang tertindas dan miskin (20). Bukan hanya dalam tindakan, ia memiliki hikmat dalam berbicara dan pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya (26). Tidak mengherankan kalau ia dipuji oleh suami dan anak-anaknya (28). Perbuatannya membuat ia dipuji dipintu-pintu gerbang (31). Ini semua dimungkinkan karena ia adalah isteri yang takut akan TUHAN (30).

Hai kaum perempuan, jadilah perempuan yang takut akan Tuhan sehingga dapat menjadi berkat bagi orang sekitar dan bagi keluarga. [IT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org