Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2015/11/20

Jumat, 20 November 2015

Amsal 20:16-30
Panduan Praktis dalam Kehidupan

Judul: Panduan Praktis dalam Kehidupan
Sebagai umat Allah, penting sekali bagi kita memperhatikan bagaimana menjalani kehidupan yang benar di hadapan-Nya. Kesekian kalinya pengamsal mengajarkan banyak nilai kehidupan yang praktis untuk diterapkan dalam keseharian kita sebagai umat Allah.

Pada bagian ini, pengamsal menyoroti dua bagian besar, yaitu mengenai perbuatan dan perkataan. Secara khusus pengamsal menyoroti mengenai perbuatan yang tidak boleh dilakukan oleh umat Allah, misalnya: perbuatan yang menipu (17), perbuatan yang ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat tetapi tidak benar (21), perbuatan curang (23). Selain perbuatan jahat, pengamsal juga menyoroti mengenai perkataan yang tidak benar, seperti: perkataan yang membocorkan rahasia (19), mengutuki orangtua (20), mengutuki orang lain (22), bersumpah tanpa pertimbangan (25).

Mengapa semua perkataan dan perbuatan tersebut tidak boleh kita lakukan? Karena semuanya itu akan mencelakakan hidup kita, menjadi batu sandungan bagi orang-orang di sekitar, dan tidak memuliakan Allah. Jika demikian, apa yang perlu diperbuat agar kita menjalani hidup dengan benar? Pengamsal memberikan beberapa langkah praktis yang dapat kita terapkan dalam hidup sehari-hari, antara lain: Pertama, jika berjanji untuk menanggung orang lain, maka kita harus komitmen untuk bertanggungjawab (16). Kedua, apabila menjadi pemimpin, kita haruslah bijak (26) dan penuh kasih (28). Ketiga, dalam membuat rencana, pertimbangkan segala sesuatu dengan baik (18). Keempat, dalam menjalani hidup, andalkanlah Tuhan (24).

Marilah belajar menerapkan kebenaran firman ini dalam kehidupan kita. Buatlah perencanaan dan komitmen di hadapan Tuhan untuk diterapkan dalam keluarga, pergaulan, pekerjaan, dan pelayanan, sehingga kehidupan kita selangkah demi selangkah dapat menjadi berkat bagi sesama serta memuliakan Tuhan. [MFS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org