Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2015/11/19

Kamis, 19 November 2015

Amsal 20:1-15
Yang Tidak Benar dan yang Benar

Judul: Yang Tidak Benar dan yang Benar
Dalam konteks zaman yang serba pragmatis, relatif, dan konsumtif, batasan antara yang benar dan salah; baik dan yang tidak baik sudah menjadi semakin buram. Tanpa disadari, banyak orang sudah terpengaruh semangat zaman ini di mana apa yang benar dan salah menjadi relatif. Seolah-olah segala sesuatu diarahkan bergantung kepada kepercayaan dan pandangan masing-masing orang.

Tidak demikian halnya pandangan pengamsal mengenai apa yang benar dan yang tidak benar. Pengamsal dengan tegas mengajarkan hal ini kepada umat Allah. Menurut pengamsal, beberapa profil kepribadian yang tidak benar di dalam hidup ini, antara lain: peminum (1), orang yang suka membangkitkan amarah orang lain (2), orang bodoh yang pemarah (3), pemalas (4, 13), dan orang yang berlaku curang (10, 14). Orang-orang seperti demikian hidupnya hanya akan menyusahkan orang lain dan mencelakakan dirinya sendiri.

Jika demikian, lalu menurut pengamsal, perilaku yang bagaimanakah yang benar dan yang seharusnya dilakukan umat Allah di dalam hidupnya? Yaitu, menjauhi perbantahan (3), merancang hidupnya dengan baik (5), hidup dengan setia (6), berlaku bersih dan jujur (11), serta bijaksana dalam perkataan (15). Semua perilaku seperti ini akan membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Terlebih lagi, sikap hidup seperti itu akan mencerminkan karakter Allah melalui hidup kita.

Mari jalani hidup ini dengan benar di hadapan Tuhan. Belajarlah dari firman Tuhan hari ini, yakni: jauhilah perbantahan dan pertengkaran yang tidak perlu, rencanakanlah hidupmu dengan baik, hiduplah dengan bersih dan jujur di hadapan Tuhan, bijaksanalah dalam perkataan dan perbuatan, hiduplah setia dengan pasanganmu, keluargamu, dan terlebih lagi kepada Tuhan. Semua itu agar kehidupan kita menjadi cerminkan kemuliaan Tuhan. [MFS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org