Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2015/11/12

Kamis, 12 November 2015

Amsal 16:17-33
Kecongkakan Mendahului Kehancuran

Judul: Kecongkakan Mendahului Kehancuran
Seorang ahli sejarah yang bernama Arnold Toynbee mengatakan, masyarakat akan mati oleh karena bunuh diri, bukan karena pembunuhan. Pernyataan ini mengingatkan kita bahwa bahaya terbesar kemanusiaan adalah manusia itu sendiri. Alkitab menegaskan bahwa bahaya ini ada karena manusia sudah jatuh dalam dosa (Rm. 6:23, 3:23).

Amsal 16:17-33 memaparkan fakta kehidupan yang layak dijadikan perenungan. Pengamsal menegaskan bahwa kebaikan dan kebahagiaan akan datang atas mereka yang percaya kepada TUHAN (20). Selain itu, pengamsal mengingatkan bahwa manusia bukanlah penentu hidup mereka sehingga manusia bisa melakukan segala sesuatu dengan sewenang-wenang. Artinya, manusia tidak memiliki kuasa apapun atas kehidupan mereka, "Undi dibuang di pangkuan, tetapi setiap keputusannya berasal dari pada TUHAN" (33). Karena itulah kita perlu menjadi bijaksana dengan kehidupan dan memikirkan tentang TUHAN dalam hidup yang sementara ini.

Kecongkakan manusia terjadi saat mereka menganggap dirinya lebih penting daripada Allah. Ini satu kekejian di hadapan Tuhan. Pengamsal mengingatkan bahwa ajaran tersebut seolah-olah terlihat lurus dan benar, tetapi ujungnya membawa manusia kepada maut (15). Itulah hakekat dan esensi dari dosa.

Jadi, apa yang kita bisa kita lakukan? Alkitab mengajak kita untuk merenungi panggilan Kristus yang berkata: "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." (Mat. 11:28-30).

Dengan demikian, Arnold Toynbee pernah menuliskan, "Cepat atau lambat, manusia akan tiba kepada saat untuk mengambil keputusan: apakah dia akan menyembah kekuatannya sendiri atau tunduk kepada kekuatan Allah." Bila saat itu datang kepada anda, pilihan seperti apakah yang anda ambil? [IBS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org