Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2015/09/08

Selasa, 8 September 2015

2 Raja-Raja 13:14-25
Penentu Sukses

Judul: Penentu Sukses
Apakah yang menjadi penentu kesuksesan anda? Tuhan atau diri sendiri? Ataukah keberuntungan (luck)? Menurut anggapan orang, langkah pertama itu menentukan kesuksesan. Langkah selanjutnya tinggal mengikuti langkah pertama. Teori itu benar.

Bacaan hari ini menceritakan langkah pertama Yoas dalam menghadapi bangsa Aram sudah tepat. Ia mengimani bahwa seorang nabi adalah orang yang dipilih Allah untuk menyampaikan maksud Allah kepada umat-Nya. Karena itu menjelang akhir hayat nabi Elisa, Yoas menjumpai Elisa. Saat Yoas mengunjungi nabi Elisa, ia mengetahui apa yang diperlukan Yoas. Nabi Elisa memberkati Yoas. Ia menyuruh Yoas menarik busur, membuka jendela di sebelah Timur, dan menyuruhnya memanah (14-17a). Anak panah yang dilepaskan Yoas menandakan kemenangan dari Tuhan yang akan diberikan kepada Yoas terhadap bangsa Aram (17b).

Langkah selanjutnya Elisa meminta Yoas untuk memukulkan anak-anak panah itu ke tanah. Yoas pun melakukannya sampai tiga kali (18). Hati sang nabi gusar, karena Yoas hanya memukulkannya tiga kali seharusnya lebih dari itu (21). Tindakannya itu mengakibatkan kesuksesan Yoas menjadi terbatas. Ia tidak akan memukul Aram hingga habis lenyap. Kesuksesannya tidak tuntas. Yoas berpikir dia sudah mendapatkan panah kemenangan dari Tuhan, sehingga ia merasa tidak perlu terlalu berusaha lagi.

Ternyata setiap langkah, sejak pertama sampai langkah terakhir, harus dijalani dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga. Jadi apa penentu kesuksesan kita? Tentu pertama-tama Tuhan yang memberkati dan memberikan kita kesuksesan. Langkah selanjutnya harus kita lakukan secara konsisten dan sekuat tenaga hingga tuntas. Ada bagian yang dikerjakan oleh Tuhan dan ada bagian diusahakan oleh kita. Kita harus mengerjakan bagian kita dengan iman. Jangan lengah karena jaminan berkat Tuhan untuk kita. Selamat sukses! [DSY]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org