Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/05/25

Rabu, 25 Mei 2022

Bacaan   : 2 TIMOTIUS 4:1-8
Setahun : 2 Tawarikh 14-17
Nas       : Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegurlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. (2 Timotius 4:2)

Siap Sedia

Bertolak dari moto be prepared yang dicanangkan oleh Robert Baden-Powell, pendiri gerakan Pramuka, seorang anggota Pramuka harus selalu berada dalam keadaan siap sedia. Keadaan ini mengindikasikan, bahwa bersikap siap sedia menuntut kesediaan dan kewaspadaan saat mengemban tugas yang diamanatkan kepada dirinya. Sikap tersebut bertolak dari keyakinan dirinya terhadap panggilan mulia yang melekat pada amanat yang ada.

Amanat Agung Tuhan Yesus pun mengisyaratkan sikap serupa. Isyarat yang ditangkap secara baik oleh Rasul Paulus dan ditunjukkan melalui pemenuhan panggilan hidupnya sebagai seorang pengikut Kristus. Ia selalu siap sedia dalam memberitakan firman, baik atau tidak baik waktunya (ay. 2), demi menunaikan tugas pelayanannya (ay. 5). Sikap yang diperlihatkan oleh sang rasul terbukti bertahan hingga akhir hidupnya (ay. 6).

Pada tataran inilah Rasul Paulus menunjukkan kualitas dirinya sebagai murid sejati dalam mengemban Amanat Agung Sang Guru. Kualitas hidup semacam ini merujuk pada sikap sang rasul yang senantiasa siap sedia untuk memenuhi panggilan mulia dalam hidupnya. Sebab, ia yakin bahwa panggilan tersebut akan membawa dirinya sampai ke garis akhir (ay. 7) untuk menerima mahkota kebenaran yang tersedia bagi dirinya (ay. 8). Jejak seorang murid Kristus sejati dapat ditelusuri melalui sikapnya dalam menjalankan Amanat Agung Sang Guru. Bersikap siap sedia menandai kesungguhan hati saat memenuhi panggilan mulia tersebut di sepanjang hidupnya. --EML/www.renunganharian.net

MAHKOTA KEBENARAN TERSEDIA BAGI SETIAP MURID KRISTUS YANG SELALU SIAP
SEDIA MENJALANKAN AMANAT AGUNG SANG GURU DI SEPANJANG HIDUPNYA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Pelayanan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org