Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/e-rh/2022/02/03

Kamis, 3 Februari 2022

Bacaan   : 2 RAJA-RAJA 8:1-6
Setahun : Imamat 7-8
Nas       : Lalu berkemaslah perempuan itu dan dilakukannyalah seperti perkataan abdi Allah itu. Ia pergi bersama-sama dengan keluarganya, lalu tinggal menetap sebagai pendatang di negeri orang Filistin tujuh tahun lamanya. (2 Raja-raja 8:2)

Mendatangkan Kebaikan

Kita tak tahu namanya. Ia hanya disebut sebagai "perempuan Sunem", sesuai nama kotanya. Ia kaya, ramah dan murah hati. Saat ia tahu bahwa Elisa adalah seorang abdi Allah, ia membangun satu kamar khusus baginya untuk beristirahat (2Raj. 4:8-37). Lalu beberapa tragedi menimpa hidupnya. Putra tunggalnya mati, namun Tuhan membangkitkannya. Kemudian, ia dan keluarganya harus meninggalkan kotanya karena kelaparan panjang menimpa negerinya. Dan saat ia kembali, rumah dan ladangnya telah dikuasai orang lain. Dalam seluruh peristiwa ini, perempuan Sunem ini tetap setia kepada Tuhan. Ia memercayai dan menaati firman Tuhan yang disampaikan oleh Elisa.

Terkait harta miliknya itu, ia datang mengadukan perkaranya kepada raja. Pada saat yang sama, sang raja sedang mendengarkan kesaksian Gehazi, pelayan Elisa, tentang mukjizat Allah. Ia menyampaikan kisah tentang perempuan Sunem dan anaknya yang hidup kembali. Dan tiba-tiba saja, perempuan itu beserta anaknya telah berdiri di hadapan mereka. Kini ia sendiri bersaksi kepada sang raja. Dan peristiwa getir di masa lalu itu kini membantunya memperoleh kembali seluruh miliknya.

Benarlah kata Rasul Paulus, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Rm. 8:28). Kita mungkin bertanya-tanya mengapa Tuhan membiarkan berbagai pergumulan hidup menimpa kita. Namun ada waktunya, bahwa Dia akan memakai semua itu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Sungguh suatu janji yang menghiburkan hati. --HT/www.renunganharian.net

DI BALIK BERBAGAI PERISTIWA DAN PERGUMULAN HIDUP,
TANGAN TUHAN TETAP BEKERJA UNTUK MENDATANGKAN KEBAIKAN BAGI KITA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org