Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/08/24

Selasa, 24 Agustus 2021

Bacaan   : ESTER 5:9-14
Setahun : Yeremia 34-36
Nas       : Lalu kata Zeresh, isterinya, dan semua sahabatnya kepadanya: "Suruhlah orang membuat tiang yang tingginya lima puluh hasta, dan persembahkanlah besok pagi kepada raja, supaya Mordekhai disulakan orang pada tiang itu; kemudian dapatlah engkau dengan bersuk (Ester 5:14)

Zeresh

Dalam kehidupan rumah tangga, peran istri sangat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan suami. Itu sebabnya ada ungkapan, "Di balik keberhasilan seorang suami, terdapat istri yang hebat." Tentu saja hal sebaliknya juga berlaku. Faktor utamanya tentu ada pada sang suami atau istri, namun pasangan dapat menjadi seorang penolong, pendorong, motivator, pengoreksi, bahkan pengkritik.

Zeresh melakukan peran ini dengan cara yang salah. Ia adalah istri Haman, pejabat tertinggi di Kerajaan Persia dan merupakan kepercayaan Raja Ahasyweros. Sayangnya, Haman merasa bahwa segala kekayaan dan kehormatan yang dimilikinya tidak berarti karena satu orang yang tak bersedia berlutut dan sujud padanya, yakni Mordekhai. Mendengar masalah itu, Zeresh mengusulkan agar didirikan satu tiang yang tinggi, agar Mordekhai digantung di sana. Namun kemudian semuanya berbalik.

Ternyata, Mordekhai adalah seorang yang pernah menyelamatkan raja dari rencana pembunuhan, dan ia merupakan sepupu sang ratu (Est. 2:7). Ia sangat dihormati raja. Mendengar itu, Zeresh justru melemahkan hati Haman. "Kau sudah jatuh. Kau tidak akan sanggup melawan dia, " katanya (Est. 6:13). Cerita ini berakhir tragis. Haman lalu digantung di tiang yang dibangunnya atas gagasan istrinya. Kesepuluh anaknya juga mati dengan cara yang sama (Est. 9:10, 13-14).

Seperti Zeresh, kita dapat menghancurkan pasangan kita. Namun kita juga dapat melakukan hal sebaliknya, yakni membangun dan menjaganya melangkah di jalan yang benar. --HT/www.renunganharian.net

KITA SEDANG MENJERUMUSKAN ORANG-ORANG TERKASIH KE DALAM JURANG,
JIKA TIDAK KITA PERINGATKAN DI SAAT MEREKA BERTINDAK MENYIMPANG.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org