Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/05/23

Minggu, 23 Mei 2021

Bacaan   : KISAH PARA RASUL 16:16-25
Setahun : 2 Tawarikh 7-9
Nas       : Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. (Kis. Pr. Rasul 16:25)

Menghadapi Situasi Suram

Ketika kita menyaksikan langit tertutup rapat oleh gumpalan-gumpalan awan gelap pekat, kita tentu tahu tanda apakah itu. Apalagi ditambah dengan deru guruh yang begitu keras dan kilat menyambar-nyambar, saat itu kita pun menyimpulkan bahwa hujan deras disertai badai akan segera terjadi. Saat kita melihat tanda-tanda suram itu, ketakutan pun mulai mengancam hati kita. Setelah itu, kita mulai panik kalau-kalau pertanda buruk yang kita pikirkan itu benar-benar terjadi.

Dalam perjalanan hidup kita bersama Tuhan, kita tidak lepas dari keadaan-keadaan yang dapat digolongkan sebagai tanda-tanda suram. Pernahkah kita merenungkan apa yang Paulus dan Silas pikirkan saat di hadapan mereka berdiri seorang hamba perempuan yang kerasukan roh tenung, perempuan yang dengan tenungan-tenungannya telah memberi kekayaan besar kepada beberapa orang? Mereka tahu apa risiko ketika mereka mengusir roh jahat dari perempuan itu. Itu jadi tanda suram! Benar, akhirnya mereka berdua dianiaya dan dijebloskan dalam penjara dengan kedua kaki terbelenggu pasungan. Meski demikian, Paulus dan Silas tetap menghadapi semua itu dengan sukacita karena dorongan kuat untuk menaati Allah dan menyebarkan kabar baik tentang Yesus Kristus.

Setiap kali melihat tanda-tanda suram, hal itu mungkin melemahkan iman dan mematahkan semangat kita. Tetapi kita dimampukan untuk mematahkan semua itu dengan cara bergantung kepada Roh Kudus. Roh Kudus memberi kekuatan dan menolong kita untuk mengatasi masa-masa tersuram dalam hidup kita dan Tuhan sanggup mengubah kesuraman menjadi sukacita. --SYS/www.renunganharian.net

BERSAMA ROH KUDUS, KITA DIMAMPUKAN UNTUK MENGATASI
MASA-MASA SURAM YANG TERJADI DALAM HIDUP KITA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org