Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/04/09

Jumat, 9 April 2021

Bacaan   : 1 PETRUS 5:5-11
Setahun : 1 Samuel 25-27
Nas       : Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (1 Petrus 5:8)

Waspada dan Berjaga-jaga

Dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan perilaku 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Setiap orang diminta untuk selalu waspada demi mencegah terjadinya penularan virus yang dapat berisiko tinggi bagi nyawa.

Selain menjaga kesehatan jasmani, diperlukan pula sikap waspada dan berjaga-jaga terhadap segala bentuk ancaman bagi kondisi rohani. Petrus mengingatkan untuk senantiasa sadar dan berjaga-jaga karena Iblis senantiasa berada di sekitar orang-orang percaya untuk mencoba melemahkan dan menjatuhkan iman dengan segala trik dan tipu dayanya, mulai dari ajaran penyesatan, kekecewaan, zona nyaman, kesombongan serta berbagai bentuk lainnya. Oleh karena ancaman tersebut, setiap orang percaya diperintahkan untuk terus memelihara iman sebagai senjata untuk melawan serangan-serangan iblis (ay. 9). Dan Allah, sebagai sumber segala kasih karunia akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan setiap anak-anak-Nya yang berjuang dalam menjaga dan memelihara iman.

Sikap waspada terhadap pencegahan penularan virus yang berbahaya memerlukan beberapa tindakan secara aktif dari diri sendiri. Demikian pula halnya dengan berjaga-jaga dari ancaman serangan iblis. Mengakui dan berserah pada Tuhan serta berusaha memelihara Iman dengan terus memiliki relasi yang dekat dengan Tuhan dan berada di komunitas yang membangun akan membentuk tameng dan imunitas yang kuat untuk mencegah virus-virus yang melemahkan kerohanian kita. --YDAM/www.renunganharian.net

IMAN YANG TEGUH SEBAGAI HASIL DARI RELASI ERAT DENGAN TUHAN
DAN BERADA DALAM KOMUNITAS YANG MEMBANGUN
AKAN MENCEGAH MASUKNYA VIRUS KEJATUHAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Pelayanan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org