Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/12/05

Sabtu, 5 Desember 2020

Bacaan   : Amsal 20:1-30
Setahun : Filipi 1-4
Nas       : Anak-anak pun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya. (Amsal 20:11)

Ambil dan Bayar Sendiri

Saya terkejut saat hendak membeli minuman di kantin sekolah setingkat SMA, yang terlihat tutup karena sudah sore hari. "Ambil saja Mas, nanti uangnya taruh di kaleng itu, " ujarnya sambil menunjuk kaleng yang dimaksud. Saya pun bergegas menuruti perkataannya, sambil mengambil beberapa botol air mineral, lalu meletakkan uangnya sesuai nominal yang tertera pada daftar harga. Dalam hati saya kagum dengan cara melatih kejujuran yang diterapkan oleh si pemilik kantin. Ia tidak takut merugi dengan menerapkan metode "ambil dan bayar sendiri" seperti itu.

Alkitab menyatakan bahwa perilaku jujur dapat dikenal sejak usia masih kanak-kanak. Artinya, semakin seseorang beranjak dewasa, berarti seharusnya kejujuran dapat semakin terlihat dengan jelas. Namun, fakta menunjukkan hal yang sebaliknya karena sebagian orang dewasa justru piawai dalam berdusta dan enggan berlaku jujur karena alasan tertentu. "Jujur itu berisiko tinggi, " begitu alasan yang kerap muncul. Alasan yang seharusnya tidak menjadi pilihan hidup bagi orang percaya.

Masihkah kejujuran menjadi karakter yang menarik perhatian kita, untuk dijalani dan dihidupi, bukannya dijauhi atau enggan disentuh? Memang memilih untuk jujur akan ada risiko yang harus kita hadapi. Terkadang kita pun harus mengalami ujian ketika hanya kita sendiri yang memilih untuk jujur, sementara yang lain memilih berseberangan dengan kita. Namun, meski tidak mudah dijalani, yakinlah bahwa upah dari kejujuran kita akan sepadan, karena Tuhan menyukai orang yang jujur. --GHJ/www.renunganharian.net

KEJUJURAN TAMPAK SEMAKIN SEPI PEMINAT,
TETAPI MASIH SANGAT DIRINDUKAN PADA MASA KINI.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org