Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/09/15

Selasa, 15 September 2020

Bacaan   : Yesaya 51:1-23
Setahun : Daniel 1-3
Nas       : Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengetahui apa yang benar, hai bangsa yang menyimpan pengajaran-Ku dalam hatimu! Janganlah takut jika diaibkan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka. (Yesaya 51:7)

Penghiburan Allah

Bangsa Israel masih berada di pembuangan. Sebagai bangsa yang katanya dipilih Allah, kondisi ini tentu dapat mengendurkan iman mereka. Membuat mereka mempertanyakan keberadaan Allah yang katanya mengasihi dan tak pernah meninggalkan mereka. Karena itu Allah memberikan penghiburan-Nya melalui janji akan adanya jaminan keselamatan.

Allah menaruh setia kepada umat-Nya, yakni kepada pribadi yang senantiasa tunduk dan setia kepada Allah. Mereka yang memiliki pikiran dan hati yang baik, yang memiliki hukum Allah dan membiarkan hukum itu memerintah dalam hatinya. Kepada orang-orang ini Allah mengingatkan agar mereka tak perlu takut terhadap hinaan yang dapat menghancurkan nama baik dan kehormatan. Tak perlu takut terhadap ancaman, yang hanya sanggup membunuh tubuh.

Orang yang menaruh hukum Allah di dalam hatinya mungkin akan tetap menghadapi kesusahan dan penderitaan besar. Penghinaan dan celaan tetap dapat dirasakan. Namun Allah memberikan penghiburan sejati-Nya dengan firman-Nya yang menyatakan bahwa Allah akan menghukum dunia dan membersihkannya dari kejahatan. Pada saat-Nya Allah akan menghakimi dunia menurut keadilan-Nya sehingga setiap manusia harus mempertanggungjawabkan hidupnya di hadapan Allah. Mereka yang nantinya selamat adalah yang tetap berada di dalam kebenaran Allah karena keselamatan hanya dari Tuhan saja. Dan kebenaran serta keselamatan dari Allah ini berlaku kekal selamanya. Semoga penghiburan ini pun cukup menguatkan kita di tengah pergumulan yang harus kita hadapi. --EBL/www.renunganharian.net

HANYA ALLAH YANG SANGGUP MELEPASKAN MANUSIA
DARI MASALAH TERBESARNYA: DOSA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org