Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/03/24

Minggu, 24 Maret 2019

Bacaan   : Wahyu 5:1-14
Setahun : Hakim-hakim 6-7
Nas       : "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan umat dan bangsa." (Wahyu 5:9)

Singa dari Yehuda

Salah satu gambaran yang menjelaskan makna kematian Kristus ialah Anak Domba yang disembelih. Fokus penglihatan Yohanes ialah sentralitas Kristus dalam karya penyelamatan Allah. Gulungan kitab yang dimeteraikan menunjukkan bahwa pesan yang tertulis di dalamnya amatlah penting dan hanya dapat dibuka oleh Dia yang berhak membukanya. Apa isi gulungan kitab itu? Penghukuman Allah, yang merupakan bagian dari keseluruhan rencana Allah yang akan mencapai puncaknya saat kedatangan Kristus kembali.

Mengapa hanya Anak Domba yang layak membuka meterainya? Karena melalui kematian-Nya, Allah telah menyatakan keadilan-Nya atas dosa dan menebus manusia. Darah Kristus memungkinkan kita diterima di hadapan Allah yang kudus. Inilah isi pujian dalam ayat 9, "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah." Selain sebagai Anak Domba, Kristus juga disebut Singa dari Yehuda, satu gambaran betapa Dia berkuasa. Anak domba dan singa adalah dua jenis hewan yang begitu kontras satu dengan yang lain, tetapi di sinilah kita memahami siapa Kristus bagi kita.

Kalau saat ini kita bersukacita dalam keselamatan Allah, jangan melupakan pengorbanan-Nya. Walaupun keselamatan itu cuma-cuma, Allah membayarnya dengan mahal melalui kematian Kristus. Marilah kita tersungkur di hadapan-Nya, bersyukur atas karya-Nya bagi kita, dan menaikkan segala pujian, hormat, dan kemuliaan bagi-Nya. --ENO/www.renunganharian.net

TIDAK ADA ANUGERAH TUHAN YANG LEBIH BERHARGA
DARI ANUGERAH KESELAMATAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org