Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/12/12

Rabu, 12 Desember 2018

Bacaan   : Roma 2:1-10
Setahun : Ibrani 1-4
Nas       : Apakah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan- Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati- Nya? Tidak tahukah engkau bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan? (Roma 2:4)

Kasih Menyembuhkan

Seorang anak panti asuhan biasa mencuri barang dan menyembunyikannya di lacinya. Kepala panti menegurnya, tetapi kebiasaan buruk itu tak juga berhenti. Ia lalu mencoba sejumlah cara mendisiplinkan yang lain. Anak itu tetap saja suka mencuri.

"Mungkin anak itu mencuri sebagai kompensasi karena tidak mengalami kasih sayang orangtua, " kata salah seorang petugas panti. "Mari kita curahkan kasih sayang kita kepadanya."

Dengan berbagai cara, para petugas panti menyatakan kepada anak itu bahwa mereka sungguh-sungguh menyayanginya. Tidak lama kemudian, perubahan pun terjadi! Anak itu tidak lagi mencuri.

Kasih ternyata berdaya sembuh dan memotivasi seseorang berubah menjadi baik. Paulus menunjukkan prinsip tersebut: bahwa kemurahan Allah, kasih dan kebaikan-Nya, menuntun kita untuk berpaling dari dosa dan berbalik mengikuti Dia. Dosa terjadi ketika manusia meragukan kebaikan Allah (bdk. Kej. 3:1-6). Karena itu, Paulus mendorong jemaat di Roma untuk mengetahui kemurahan-Nya, kesabaran-Nya, dan kelapangan hati-Nya. Mengetahui dengan sungguh-sungguh, tidak meremehkannya. Kebaikan-Nya tidak akan memaksa atau menyeret mereka, melainkan menuntun mereka dengan lemah lembut (bdk. Hos. 11:4; Yer. 31:3), memberi ruang bagi mereka untuk mempertimbangkannya sebelum mengambil keputusan.

Mungkin ada kebiasaan berdosa yang hendak kita tinggalkan? Kita dapat menerapkan resep Paulus: tidak menganggap sepi, tetapi sungguh-sungguh menyadari kebaikan Allah. --ARS/www.renunganharian.net

KASIH ALLAH YANG KEKAL MAMPU MENDATANGKAN
PERUBAHAN HIDUP YANG KEKAL PULA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org