Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/08/18

Sabtu, 18 Agustus 2018

Bacaan   : Daniel 3:13-18
Setahun : Yeremia 15-18
Nas       : "Tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." (Daniel 3:18)

Deklarasi Iman

Sejak bertobat dan mengenal Kristus, saya belum pernah mengalami ujian iman ekstrem, yang dapat mengancam keluarga, karier, apalagi nyawa. Seingat saya, saya hanya pernah diolok-olok karena menjadi Kristen dan sedikit ditakut-takuti, "Nanti kalau mati kamu akan disalib seperti Yesus." Perlakuan diskriminatif juga jarang saya alami, termasuk ketika mengenyam pendidikan di sekolah negeri sampai lulus perguruan tinggi.

Itulah sebabnya, bagi saya deklarasi iman dari Sadrakh, Mesakh, dan Abednego adalah tindakan luar biasa. Ingat, mereka mengucapkannya di hadapan Raja Nebukadnezar. Penguasa yang dapat melakukan apa pun kepada mereka. Apalagi raja sedang marah akibat hasutan dari komplotan orang Kasdim yang membenci Sadrakh, Mesakh, dan Abednego (ay. 8-12). Penolakan dari ketiga orang muda Yahudi itu pun membuat kemarahan Raja Nebukadnezar semakin memuncak, sehingga memerintahkan agar dapur perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas (ay. 19). Namun, Allah menyelamatkan mereka dan melalui titah raja, sejak itu semua orang di seluruh kerajaan Babel harus menghormati Allah yang disembah oleh ketiga sahabat Daniel itu (ay. 28-29).

Ketetapan Allah agar kita hanya menyembah Dia sejak dulu hingga kini tidak berubah. Setiap orang percaya diharapkan senantiasa siap sedia manakala tantangan atau ujian iman datang, dengan tingkatan yang berbeda untuk masing-masing orang. Kiranya komitmen Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dapat meneguhkan iman kita untuk tetap setia kepada-Nya, hingga akhir hayat kita. --GHJ/www.renunganharian.net

TANTANGAN IMAN HANYA DAPAT DIHADAPI
DENGAN KETEGUHAN HATI DAN KOMITMEN KEPADA KRISTUS.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org