Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/12/23

Sabtu, 23 Desember 2017

Bacaan   : Habakuk 3:1-19
Setahun : Wahyu 1-2
Nas       : ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Habakuk 3:19)

Kaki Rusa

Rusa Gazel Thomson hidup di daratan Afrika. Meskipun bertubuh kecil, gerakannya lincah dan lebih cepat dari pemangsanya, seperti hyena, macan tutul, dan singa. Rusa ini punya cara unik untuk meloloskan diri dari predator, yakni dengan berlari zig-zag dan melompat tinggi ke udara. Begitulah, kelangsungan hidupnya sangatlah bergantung pada kaki yang ramping namun kuat itu.

Suatu ketika Nabi Habakuk meratap dan berdoa kepada Tuhan. Habakuk mengakui bahwa yang memampukannya melewati penderitaan adalah karena ia memiliki hubungan dengan Tuhan. Sesungguhnya sejak penciptaan manusia, Tuhan sangat mendambakan hubungan dengan ciptaan-Nya. Sayangnya, hubungan ini menjadi rusak karena dosa. Namun, karena kasih-Nya yang besar pada manusia, Yesus Kristus datang dan menjembatani kembali hubungan yang sudah rusak tersebut.

Kaki rusa dalam nas di atas melambangkan iman atau hubungan kita sebagai ciptaan dengan Tuhan Sang Pencipta. Hubungan ini perlu terus dirawat dan dilatih melalui berbagai pengalaman hidup sehingga iman kita bertambah kuat. Jika hubungan dengan Tuhan tidak terawat dan tidak dilatih, hubungan itu akan melemah sehingga kita rentan dikalahkan oleh dosa.

Kiranya kita terus mendekat pada Tuhan. Dia akan memberikan kekuatan pada kita seperti kaki rusa yang dapat melompat tinggi melewati tantangan dan mengatasi situasi sulit. Kita pun dapat tetap berjejak di bukit-bukit masalah dalam kehidupan ini. --HC/www.renunganharian.net

KAKI RUSA MELAMBANGKAN HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN.
SUDAHKAH KITA MEMILIKI KAKI RUSA YANG KUAT?

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org