Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/12/12

Selasa, 12 Desember 2017

Bacaan   : Mazmur 119:1-16
Setahun : Ibrani 1-4
Nas       : Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:9)

Biar Bersih

Suami saya minum kopi setiap pagi. Ia selalu mengucurkan air bersih dari keran ke gelas bekas kopi yang berisi sisa bubuk kopi di dalamnya. Air keran memenuhi dan selanjutnya meluber keluar dari gelas. Lama-kelamaan sisa bubuk kopi ikut keluar dari gelas dan gelas menjadi bersih.

Pemazmur menyatakan, rahasia untuk mempertahankan kelakuan bersih adalah dengan menjaganya sesuai dengan firman Tuhan. Dalam hati, ia menyimpan janji Tuhan, agar ia jangan berdosa (ay. 9, 11).

Dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus menyatakan, kita memang sudah bersih karena firman yang telah Tuhan katakan kepada kita (Yoh. 15:3). Firman Tuhan adalah kebenaran yang menguduskan (Yoh. 17:17). Rasul Paulus menjelaskan, segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2Tim. 3:16). Betapa bernilainya firman Allah sebagai pembersih di dalam hati dan pikiran kita.

Kita perlu mendisiplinkan diri untuk membaca Alkitab secara rutin setiap hari. Firman Tuhan yang terus-menerus kita baca dan kita dengar ibarat air mengalir yang akan terus-menerus mengisi hati dan pikiran kita sehingga membersihkan dan mengeluarkan kotoran dosa dari dalam kehidupan kita. Firman Tuhan bukan hanya dapat menjaga kelakuan kita tetap bersih, melainkan juga bekerja mengubah karakter kita menjadi semakin serupa dengan karakter Kristus. --IN/www.renunganharian.net

MEMBACA DAN MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN SECARA RUTIN
MENJAGA HATI, PIKIRAN, DAN HIDUP KITA TETAP BERSIH.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org